6 Negara Ini Blokir WhatsApp. Nomor 3 Alasannya Bikin Kita Terkejut :: Nusantaratv.com

6 Negara Ini Blokir WhatsApp. Nomor 3 Alasannya Bikin Kita Terkejut

WhatsApp digunakan oleh 1,5 miliar orang di dunia. Jumlah terbesar pengguna terhadap sebuah platform komunikasi.
6 Negara Ini Blokir WhatsApp. Nomor 3 Alasannya Bikin Kita Terkejut
Platform komunikasi WhatsApp diblokir di sejumlah negara

Jakarta, Nusantaratv.com - Ternyata dari 1,5 miliar orang pengguna WhatsApp di seluruh dunia, tak semua negara membolehkan platform komunikasi ini digunakan oleh masyarakatnya.

Dalam ulasan yang dimuat sebuah laman berita disebutkan bahwa, alasan utama di balik pembatasan platform komunikasi tersebut adalah kekhawatiran atas keamanan nasional. Satu lagi alasan internal yaitu untuk ikut membantu mendukung perusahaan telekomunikasi lokal di negara tersebut.

Lantas negara mana sajakah yang tidak memperbolehkan platform komunikasi WhatsApp ini dipakai oleh rakyatnya? Negara nomor 3 memiliki alasan yang cukup mengejutkan.

1. China

WhatsApp telah diblokir oleh pemerintah Cina selama kampanye politik karena fitur enkripsi aplikasi obrolan yang kuat.

Pemerintah Cina menyensor konten, terutama karena alasan politik, tetapi juga untuk mempertahankan kontrolnya atas penduduk.

2. Korea Utara

Kepemimpinan diktator Kim Jong Un mengontrol internet di negara ini, termasuk membatasi WhatsApp. Sensor di Korea Utara termasuk di antara yang paling ekstrem di dunia.

3.Kuba

Di Kuba, hanya politisi, jurnalis, dan mahasiswa terpilih yang secara hukum memenuhi syarat untuk mengakses internet dan platform sosial seperti WhatsApp. Negara ini juga menduduki peringkat rendah dalam Indeks Kebebasan Pers.

Alasan mengejutkan yang dikutip bukan masalah politik, tetapi tingginya biaya penggunaan internet yang dikatakan melebihi gaji rata-rata penduduk Kuba.

Alasan tersebut tentu mengejutkan karena berbeda dari negara lain yang memblokir aplikasi ini.

4. Iran

Pemblokiran WhatsApp di Iran tidak banyak alasan, tetapi kemungkinan besar karena masalah keamanan dan sensor.

5. Suriah

Sensor internet di Suriah sangat luas, dengan negara yang dilanda perang itu melarang situs web karena alasan politik dan menangkap orang yang mengaksesnya.

Selain WhatsApp, Suriah juga memblokir situs-situs seperti YouTube dan Facebook.

6. Arab Saudi

Alasan pelarangan WhatsApp di Arab Saudi diduga karena mendukung promosi penyedia layanan telekomunikasi lokal.

Arab Saudi juga memiliki sejarah menyambut penduduk dari negara-negara termasuk India, Pakistan, Bangladesh yang sering menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan keluarga dan teman-teman mereka, yang mengakibatkan hilangnya keuntungan bagi perusahaan telekomunikasi lokal UEA.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
1
angry
0
sad
0
wow
0