Akun Bos Twitter Diretas Hacker, Tampilkan Cuitan Rasis :: Nusantaratv.com

Akun Bos Twitter Diretas Hacker, Tampilkan Cuitan Rasis

Akun Jack Dorsey mencuitkan tweet yang tak pantas. Para hacker men-tweet pesan rasis, antisemitic, dan setidaknya penolakan Holocaust dari akun Dorsey.
Akun Bos Twitter Diretas Hacker, Tampilkan Cuitan Rasis
Akun CEO Twitter kena retas hacker. (Tech Crunch)

Jakarta, Nusantaratv.com - Akun CEO Twitter Jack Dorsey diretas pada Jumat (30/8/2019) sore oleh sekelompok hacker yang menyebut diri mereka Chuckle Squad. Demikian dilansir dari The Verge, Sabtu (31/8/2019).

Akibat diretas, akun Dorsey mencuitkan tweet yang tak pantas. Para hacker men-tweet pesan rasis, antisemitic, dan setidaknya penolakan Holocaust dari akun Dorsey.

Sejumlah kicauan ofensif muncul sekitar 10 menit di akun Dorsey, tapi tak berselang lama setelah peretasan, tweet itu sudah dihapus dan semua kicauan hilang.

Baca: Google Hadirkan Fitur Baru Koreksi Ejaan dan Tata Bahasa untuk Gmail

Berselang satu setengah jam setelah peretasan, Twitter men-tweeted akun Dorsey sudah aman, dan tak melihat ada indikasi sistem Twitter dikompromikan. Twitter justru menunjuk kesalahan terjadi pada operator seluler Dorsey, yang membuat para hacker dapat mengirim tweet melalui pesan teks.

"Nomor ponsel dikaitkan dengan akun dikompromikan karena pengawasan keamanan oleh mobile provider. Ini memungkinkan orang yang tidak berwenang menulis dan mengirim tweet via pesan teks dari nomor ponsel. Masalah itu sekarang sudah diatasi," demikian pernyataan Twitter dalam cuitannya.

Baca: WhatsApp Uji Coba Fitur Berbagi Status ke Facebook dan Instagram

Tweet tampaknya muncul via Cloudhopper, perusahaan yang telah diakuisisi Twitter untuk membantu layanan SMS-nya. Bila Anda mengirim teks 404-04 dari nomor yang ditautkan ke akun Twitter, maka teks itu akan dikirim ke Twitter. Lalu, sumber dari tweet akan menyebutkan 'Cloudhopper'.

Hack yang dialami bos Twitter tampaknya berasal dari kelompok sama yang juga menyerang sejumlah selebriti YouTube pekan lalu, termasuk beauty vlogger James Charles, Shane Dawson, dan komedian King Bach.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0