Aplikasi Jepret, Pembaharu Data UMKM Inovasi Mahasiswa ITB :: Nusantaratv.com

Aplikasi Jepret, Pembaharu Data UMKM Inovasi Mahasiswa ITB

Fitur yang terdapat di Jepret meliputi verifikasi dan review, dan dapat diakses untuk jenis usaha UMKM di sekitar pengguna
Aplikasi Jepret, Pembaharu Data UMKM Inovasi Mahasiswa ITB
Mahasiswa ITB ciptakan aplikasi Jepret. (Dok. Humas ITB)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung) menciptakan aplikasi bernama Jepret.

Aplikasi ini berguna sebagai pelengkap dan pembaharu data UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia yang beroperasi dengan cara mengajak masyarakat untuk melakukan peninjauan (review) dan pendokumentasian UMKM yang ada di sekitarnya.

Yakni Cornelius Yan Mintareja (IF 16) sebagia ketua tim, Feby Eliana Tengry (STI 17), Christzen Leonardy (IF 16), Gabriel Bentara Raphael (IF 16), dan Muhammad Aditya Hilmy (STI 17), yang menciptakan aplikasi Jepret.

Aplikasi Jepret sukses meraih juara 1 ajang Jamkrindo Hackathon 2019, sebuah kompetisi skala nasional yang diselenggarakan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo), di Jakarta, pada 9-13 Juli 2019.

Fitur-fitur penting aplikasi Jepret telah diujicobakan pada final Jamkrindo Hackthon 2019. Fitur ini meliputi verifikasi dan review, yang dapat diakses untuk jenis usaha UMKM di sekitar pengguna. 

Foto yang diinput akan diproses dengan teknologi image processing untuk validasi data. Juga terdapat dashboard Jamkrindo, di mana pihak Jamkrindo dapat melihat data UMKM dan menyetujui pinjaman yang diajukan UMKM yang telah lengkap datanya.

Adapula laporan hasil data analytics, dengan begitu pihak Jamkrindo dan UMKM dapat melihat semua laporan hasil analisis data. Fitur insentif pengguna juga tak kalah menarik karena tentu akan banyak bermanfaat bagi pengguna.

"Kami sangat bersyukur bisa dapat pencapaian ini. Tidak menyangka bisa jadi juara 1, malah sempat pesimis awalnya," ujar Feby, salah satu anggota tim, dalam keteranganya di situs resmi ITB, Rabu (7/8/2019).

"Jepret hadir sebagai solusi yang memberdayakan masyarakat Indonesia dan kemajuan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pemenuhan data UMKM," lanjut Feby.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0