Cat IVD Apps, Aplikasi Karya Mahasiswa IPB Kontrol Populasi Kucing :: Nusantaratv.com

Cat IVD Apps, Aplikasi Karya Mahasiswa IPB Kontrol Populasi Kucing

Cat IVD Apps menyimpan database individu kucing dan informasi pemilik
Cat IVD Apps, Aplikasi Karya Mahasiswa IPB Kontrol Populasi Kucing
Cat IVD Apps inovasi mahasiswa IPB. (ipb.ac.id)

Bogor, Nusantaratv.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat (Jabar), menciptakan aplikasi Cat IVD Apps. Aplikasi ini untuk mengontrol populasi kucing dan edukasi kepada masyarakat mengenai manajemen kucing.

Aplikasi ini merupakan karya dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat  (PKM-M) berbasis android 'Cat IVD Apps' yang menyimpan database individu kucing, informasi pemilik, serta sebagai media edukasi online terkait manajemen pemeliharaan, nutrisi, kesehatan dan populasi kucing, yang diaplikasikan di masyarakat Perumahan Pakuan Regency dan Perumahan Taman Dramaga Permai, Bogor, Jabar.

Adalah Dian Utami, Fathan Abdul Aziz, Resti Puspitaningsih, Yaomil Ashar, dan Syahrul Fadhillahir, yang menciptakan aplikasi ini. Dian , Ketua Tim PKM-M 'Cat IVD Apps', mengatakan saat ini populasi kucing semakin meningkat. 

Namun, hal itu tak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraannya. Selain itu, adanya isu zoonosis semakin menggerakkan pemerintah dalam upaya pengendalian populasi dan kesehatan kucing.

Sehingga 'Cat IVD Apps' berfungsi sebagai media edukasi kepada masyarakat yang diharapkan dapat mengontrol populasi kucing, mencegah timbulnya zoonosis, serta meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait manajemen kucing.
 
Tim 'Cat IVD Apps' mengungkapkan saat ini pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk kucing oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menghadapi kendala utama yaitu dikhawatirkan kartu identitas tersebut hilang, sehingga identitas hewan tidak dapat diketahui.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu penerapan teknologi berbasis android bernama 'Cat IVD Apps'. Dan, 'Cat IVD Apps' merupakan aplikasi pembaca database dari Cat IVD yang dapat menjadi solusi penyimpanan identitas kucing dan pengendalian zoonosis.

Dian menyebut berdasarkan survei dan wawancara dengan perwakilan dari warga Perumahan Pakuan Regency dan Taman Dramaga Permai 5 terkait populasi kucing yang berada di lingkungan tersebut, maka didapatkan beberapa permasalahan mengenai populasi kucing. 

Di antaranya adalah banyaknya populasi kucing tidak disertai dengan adanya manajemen pemeliharaan yang baik. Apabila hal ini tidak ditangani dengan serius, dikhawatirkan akan semakin membahayakan bagi lingkungan kaitannya dengan isu zoonosis.

Menyadari akan kondisi tersebut, maka perlu adanya pengendalian populasi kucing disertai dengan perbaikan manajemen kucing sehingga penyakit yang berasal dari hewan ke manusia dan sebaliknya dapat dikendalikan.

"Manajemen kucing yang baik dan benar akan mewujudkan kesejahteraan kucing yang akan berdampak pada terciptanya perumahan ramah hewan. Perumahan Pakuan Regency dan Perumahan Taman Dramaga Permai 5 mendukung adanya kegiatan ini dengan memberikan perijinan dan bantuan yang dibutuhkan," ujar Dian, dikutip nusantaratv dari situs resmi IPB, Senin (8/7/2019).
 
Dian menjelaskan tujuan pelaksanaan program ini untuk menciptakan Perumahan Ramah Hewan dengan aplikasi 'Cat IVD Apps', memberikan pembinaan yang tepat bagi masyarakat di Perumahan Pakuan Regency dan Taman Dramaga Permai 5 guna mewujudkan kemandirian dan meningkatkan pengetahuan dalam manajemen kucing, membentuk perilaku masyarakat yang peduli terhadap kucing sebagai hewan peliharaan dan membangun sistem perumahan ramah hewan melalui program 'Cat IVD Apps'.

"Manfaat kegiatan ini adalah masyarakat mengetahui cara manajemen kucing yang baik guna mencegah timbulnya penyakit yang bersifat zoonosis. Manfaat kegiatan ini bagi generasi muda adalah tumbuhnya rasa cinta dan tanggungjawab untuk merawat hewan peliharan dengan sebaik-baiknya," terangnya, 

"Penanganan tersebut dilakukan guna mencegah ledakan populasi kucing yang sudah maupun akan dirasakan di sekitar masyarakat serta mencegah penularan penyakit yang berasal dari hewan ke manusia," tambah Dian.
 
Keberlanjutan program merupakan aspek penting dalam sebuah program pengabdian kepada masyarakat. Melihat sasaran utama program ini adalah masyarakat pemilik kucing dengan sasaran pendukungnya adalah masyarakat yang tidak memiliki kucing. 

Diharapkan masyarakat tersebut mampu mengaplikasikan 'Cat IVD Apps' serta manajemen hewan secara mandiri serta dapat mensosialisasikan program 'Cat IVD Apps' secara berkelanjutan kepada masyarakat lainnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0