Cegah COVID-19, Smartwatch Ini Bisa Ingatkan untuk Cuci Tangan :: Nusantaratv.com

Cegah COVID-19, Smartwatch Ini Bisa Ingatkan untuk Cuci Tangan

Samsung Rilis Aplikasi untuk Smartwatch yang Mengingatkan Pengguna Mencuci Tangan.
Cegah COVID-19, Smartwatch Ini Bisa Ingatkan untuk Cuci Tangan
Smartwatch. (Samsung)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wabah virus corona (COVID-19) membuat banyak orang mulai mengubah kebiasaan dalam menjalani kehidupan.

Salah satu di antaranya adalah kebiasaan mencuci tangan yang mulai digalakkan lantaran diyakini bisa meminimalkan penyebaran virus tersebut. Dan saat ini smartwatch (jam tangan pintar) juga bisa mengingatkan penggunanya untuk melakukan cuci tangan.

Dilansir dari Engadget, Sabtu (18/4/2020), Samsung baru-baru ini merilis aplikasi untuk jam tangan pintar mereka yang akan mengingatkan pengguna mencuci tangan setiap beberapa jam lewat Galaxy Watch Active 2 berbasis Tizen.

Baca Juga: Facebook Bakal Tambah Pesan Anti Misinformasi untuk Berita COVID-19

Aplikasi ini memastikan pengguna menghabiskan waktu mencuci tangan dengan durasi 25 detik, sesuai pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), yang merekomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan watch face yang memungkinkan pengguna melihat sudah berapa lama sejak terakhir kali mencuci tangan. Dan akan memberi tahu jika telah melewatkan jadwal dalam mencuci tangan.

Software ini dikembangkan lebih dari dua pekan oleh tim dari Samsung Research Institute-Bangalore. Dimana mereka mengembangkan aplikasi ini dengan tetap mematuhi perintah untuk tetap bekerja dari rumah.

Awal pekan ini, Google juga memperbarui Wear OS dengan menambahkan fitur untuk mengingatkan penggunanya agar rutin mencuci tangan. Fitur ini adalah pembaruan dari aplikasi Google CLock versi 5.4.0 di Wears OS.

Fitur ini akan memberikan notifikasi pengingat untuk mencuci tangan dan juga menawarkan penghitung waktu untuk berapa lamanya mencuci tangan. Saat mengklik notifikasi tersebut maka akan ada pengaturan untuk memulai waktu tiga detik pertama untuk bersiap-siap, lalu 40 detik untuk waktu proses mencuci tangan sehingga pengguna akan benar-benar mencuci tangan dengan lebih bersih.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0