Ditemukan Bug WhatsApp yang Bisa Hapus Obrolan Grup :: Nusantaratv.com

Ditemukan Bug WhatsApp yang Bisa Hapus Obrolan Grup

Bug Menimbulkan Kerusakan Parah Hingga Pengguna Terpaksa Menghapus dan Menginstal Ulang WhatsApp Pada Perangkat.
Ditemukan Bug WhatsApp yang Bisa Hapus Obrolan Grup
Ilustrasi. (Business Standard)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perusahaan keamanan dunia maya, Check Point, menemukan kerentanan pada jejaring sosial, WhatsApp. Kerentanan ini memungkinkan orang untuk berbuat kekacauan dalam obrolan grup.

Check Point mengatakan sang hacker telah mengirimkan pesan destruktif yang menyebabkan obrolan grup terhapus dan grup hilang secara permanen. Bug menimbulkan kerusakan parah, sehingga membuat pengguna yang terpengaruh dengan sangat terpaksa menghapus dan menginstal ulang WhatsApp pada perangkat.

Sayangnya, seperti dilansir dari laman Independent, Rabu (18/12/2019), setelah diinstal ulang, pengguna tidak dapat kembali ke obrolan grup atau mengakses riwayat obrolan grup mana pun. Usai mengetahui kerentanan tersebut, WhatsApp merilis perbaikan serta memberikan update aplikasi.

Baca Juga: Tahun Baru 2020, WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan di Ponsel Lama

Check Point mengimbau untuk pengguna WhatsApp agar memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk melindungi diri terhadap serangan hacker.

Kemampuan untuk menghentikan orang menggunakan WhatsApp dan menghapus informasi berharga dari riwayat obrolan grup adalah senjata yang ampuh - ujar Oded Vanunu, Check Point's Head of Product Vulnerability Research. 

Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia, bug apa pun dalam WhatsApp dapat memiliki konsekuensi besar. Perbaikan untuk masalah ini diluncurkan di WhatsApp versi 2.19.58 pada pertengahan September lalu, kendati setiap versi yang diunduh dan tidak diperbarui, maka tetap dalam risiko.

WhatsApp sangat menghargai perusahaan teknologi untuk membantu kami menjaga keamanan yang kuat untuk pengguna kami secara global - terang Ehren Kret, WhatsApp Software Engineer.

Berkat pengajuan yang bertanggung jawab dari Check Point, kami dengan cepat menyelesaikan masalah ini untuk semua aplikasi WhatsApp pada pertengahan September. Kami juga baru-baru ini menambahkan kontrol baru untuk mencegah orang ditambahkan ke grup yang tidak diinginkan untuk menghindari komunikasi dengan pihak yang tidak dipercaya bersama-sama - tambah Kret.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0