Facebook Sediakan Layanan Video Conference Mirip Zoom, Bisa Ngobrol Bareng 50 Orang :: Nusantaratv.com

Facebook Sediakan Layanan Video Conference Mirip Zoom, Bisa Ngobrol Bareng 50 Orang

Layanan Instagram Live dan Facebook Live Meningkat Secara Signifikan Pada Maret 2020.
Facebook Sediakan Layanan Video Conference Mirip Zoom, Bisa Ngobrol Bareng 50 Orang
Facebook meluncurkan Messenger Room. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Facebook merespon peningkatan penggunaan aplikasi video konferensi Zoom selama pandemi virus corona (COVID-19) dalam beberapa pekan terakhir.

Layanan jejaring sosial yang bermarkas di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS) itu, meluncurkan layanan obrolan video baru dengan ruang virtual di mana orang dapat mampir mengunjungi teman-teman mereka.

Melalui aplikasi yang disebut Messenger Room ini, pengguna dapat memulai sesi panggilan video dengan jumlah peserta sampai 50 tanpa batas waktu.

Pesaing Zoom versi gratis juga dibuka hingga 100 orang dengan batas waktu, dan jumlah peserta dapat ditingkatkan sampai 1.000 orang tanpa batas waktu untuk versi berbayar.

Aplikasi ini dirancang agar lebih sempurna - kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg kepada AFP.

Saya hanya membuka layar di komputer atau telepon dan orang-orang biasanya hanya selintas menyapa. Saya merasa seperti kita kehilangan hal itu (keakraban) dalam hidup kita sekarang - tambahnya. 

Baca Juga: WhatsApp Tingkatkan Jumlah Peserta Video Call Grup Hingga 8 Peserta

Zuckerberg menegaskan Facebook telah melihat lonjakan permintaan di berbagai produknya, sebagian besar untuk aplikasi panggilan video dan pesan, dan mengatakan panggilan video telah meningkat 10x di beberapa wilayah.

Namun layanan Facebook belum mampu memenuhi kebutuhan penguna untuk komunikasi dalam jumlah besar. Hal tersebut mengecewakan penguna Facebook. Untuk itu, Facebook meluncurkan Messenger Rooms.

Zoom, pertemuan Tim Microsoft atau Google Hangouts akan berbeda dengan Messenger Rooms. Messenger Rooms dirancang untuk memfasilitasi lebih banyak panggilan 'spontan' di antara teman-teman Facebook, ungkap Zuckerberg, dan dapat diluncurkan melalui Messenger atau Facebook.

Layanan video lain juga diperluas untuk aplikasi Instagram Direct, WhatsApp dengan 8 penguna dan Portal. Bersama Messenger Rooms, Zuckerberg juga mengumumkan berbagai kemampuan baru lainnya di seluruh panggilan video, ruang video, dan siaran langsung baik di Facebook maupun ke Instagram.

Antara WhatsApp dan Messenger, setidaknya dapat terhubung untuk 700 juta akun. Dan penguna dapat melakukan komunikasi secara rutin tiap hari. Sedangkan layanan Instagram Live dan Facebook Live meningkat secara signifikan pada Maret 2020.

Messenger Rooms akan diluncurkan di beberapa negara pada pekan ini, dan akan berkembang secara global dalam beberapa pekan mendatang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0