Ini 24 Pengaturan Tersembunyi Pada Android yang Harus Anda Ketahui :: Nusantaratv.com

Ini 24 Pengaturan Tersembunyi Pada Android yang Harus Anda Ketahui

Produsen Sering Memodifikasi Sistem Operasi Dengan Melibatkan Perangkat Luar Dari Software Tersebut.
Ini 24 Pengaturan Tersembunyi Pada Android yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi. (Popsci)

Jakarta, Nusantaratv.com - Smartphone Android punya beragam bentuk dan ukuran. Tetapi semuanya menjalankan sistem operasi dasar yang sama. Kode Android mencakup pengaturan yang memungkinkan Anda menyesuaikan smartphone dengan kebutuhan Anda. 

Sebelum kita memulai, dan mendapat peringatan cepat, kendati memiliki Android yang sama di dalam smartphone, produsen sering memodifikasi sistem operasi dengan melibatkan perangkat luar dari software tersebut. Seperti Android 8.0 Oreo dan Android 10, yang ditemukan di smartphone Pixel terbaru Google. 

Namun, jika Anda memiliki smartphone yang menjalankan versi Android berbeda, Anda mungkin masih bisa menerapkan pengaturan ini. Anda hanya perlu mencari lebih banyak untuk menemukannya.

Berikut 24 pengaturan tersembunyi pada Android yang perlu diketahui, seperti dilansir dari popsci.com, Senin (20/1/2020): 

1. Meningkatkan ukuran font

Anda tidak perlu menyipitkan mata dan memaksakan mata saat melihat layar Android. Buka aplikasi 'Setting' dan 'Display', 'Advanced', diikuti dengan ukuran Font, untuk melakukan penyesuaian. Geser penunjuk di sepanjang penggeser untuk melakukan perubahan, dan periksa jendela pratinjau untuk melihat seperti apa hasil akhirnya. Setelah Anda mengatur ukuran font Android, sebagian besar aplikasi akan menerapkannya.

2. Pastikan Anda dapat menemukan smartphone Anda

Khawatir kehilangan smartphone Anda? Untuk memaksimalkan peluang Anda memulihkan perangkat yang hilang, pastikan untuk mengaktifkan sistem pelacakan bawaan Android. Buka 'Setting', 'Security' dan ketuk 'Find My Device'. Setelah itu, jika Anda salah menaruh smartphone, buka halaman ini di browser apa saja dan masuk ke akun Google Anda. 

Jika Anda masuk ke akun Google di Chrome, Anda juga dapat mengetik 'Where's my phone' di bilah pencarian. Anda akan dapat melihat lokasi handset Anda di peta, di antara opsi lain, seperti membuat perangkat berdering (meskipun dalam mode Do Not Disturb), mengunci, atau menghapusnya. 

3. Tweak panel Pengaturan Cepat

Seret dua jari ke bawah dari atas layar, dan Anda akan membuka panel Pengaturan Cepat Android, yang menyediakan akses langsung ke pengaturan seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan mode senter. Cara pintas ini bermanfaat, tetapi Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan menyesuaikan mana yang muncul dan urutan kemunculannya. Buka panel, ketuk ikon pena di kiri bawah, dan Anda akan dapat menambahkan pintasan dan menyeret ikon ke pengaturan baru.

4. Kurangi penggunaan data

Android menyertakan sistem bawaan untuk membatasi seberapa banyak aplikasi latar belakang menyerap data(setidaknya saat Anda tidak terhubung ke Wi-Fi). Mode ini akan memengaruhi berbagai aplikasi dengan berbagai cara, misalnya, di browser, gambar mungkin tidak akan muncul kecuali Anda mengetuknya. Untuk mengaktifkan fitur praktis ini, buka 'Setting' dan pilih 'Network and internet', lalu 'Data saver".

5. Hentikan aplikasi baru dari membuat pintasan

Secara default, ketika Anda menginstal aplikasi, secara otomatis muncul sebagai jalan pintas di salah satu layar beranda smartphone Anda. Ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi baru dengan cepat, tetapi juga dapat mengacaukan antarmuka Anda. 
Untuk menonaktifkan default ini, lakukan tekan lama pada bagian kosong layar beranda. Saat menu muncul, pilih 'Home Settings' dan matikan opsi 'Add icon to Home' ke layar Beranda. 

6. Putar layar beranda

Dalam suatu aplikasi, Anda dapat mengubah ponsel Anda untuk mengalihkan tampilan dari potret ke lanskap atau sebaliknya. Tetapi layar beranda tidak tiba dengan standar yang sama, dan Anda harus mengaktifkan opsi ini. 

Kembali ke layar 'Home Settings' yang dibahas dalam tip sebelumnya. Di sini, Anda dapat memilih apakah layar beranda diputar dengan ponsel atau tidak dengan menghidupkan atau mematikan rotasi Layar Beranda. 

7. Proyeksikan ponsel Anda di layar yang lebih besar

Android sekarang hadir dengan built-in casting, sehingga Anda dapat mencerminkan layar pada monitor atau televisi apa pun yang dilengkapi dengan perangkat Chromecast. Meskipun banyak aplikasi memiliki tombol Chromecast sendiri, Anda juga dapat memproyeksikan layar atau aplikasi apa pun dari 'Settings'. Cukup buka Connected devices' dan pilihan 'Cast'. Jika Anda sering melakukan ini, Android 10.0 juga memungkinkan Anda membuat pintasan di 'Quick Setting'. 

8. Ubah izin aplikasi

Anda dapat melihat dengan tepat berapa banyak akses dan izin aplikasi telah diberikan dengan masuk ke 'Settings', mengetuk 'Apps dan notifications', dan memilih aplikasi (atau menekan Lihat semua aplikasi untuk melihat daftar lengkap). Lalu, untuk melihat dan mengedit akses aplikasi itu, ketuk 'Permissions'. Misalnya, Anda mungkin mengizinkan aplikasi mengakses daftar kontak Anda tetapi tidak di lokasi Anda.

9. Kontrol penggunaan baterai

Android sekarang mengoptimalkan aplikasi sehingga mereka tidak akan menghabiskan banyak baterai. Misalnya, aplikasi email Anda masih dapat berjalan di latar belakang, memeriksa pembaruan, tetapi lebih jarang. Namun, Anda dapat mengecualikan aplikasi tertentu jika Anda ingin mereka selalu berjalan dengan kecepatan penuh. 

Buka 'Settings' dan ketuk 'Battery', lalu tombol menu di kanan atas, lalu 'Battery Usage'. Di sini, Anda akan dapat melihat aplikasi mana yang menghabiskan baterai Anda sesuai dengan seberapa banyak Anda menggunakannya. Ketuk salah satunya dan kemudian pada 'Battery Optimazion'. Selanjutnya, tekan tautan 'Not Optimized', lalu 'All apps'. Terakhir, pilih aplikasi dan pilih opsi 'Don't optimize'.

10. Bangunkan ponsel Anda dengan suara Anda

Anda tidak perlu menyentuh ponsel Anda untuk mendapatkan akses ke Google Assistant. Anda hanya perlu menyesuaikan pengaturan Anda. Buka aplikasi Google, ketuk tombol menu (tiga garis horizontal di kanan bawah), lalu tekan 'Settings' diikuti oleh 'Voice'. Pilih 'Voice Match', dan alihkan sakelar di sebelah 'Access with Voice Match'. Maka frasa 'OK Google' akan berfungsi kapan saja, bahkan ketika perangkat Anda terkunci. Bahkan, Anda dapat menggunakan pengenalan suara untuk membuka kunci ponsel Anda dengan cara ini.

11. Kosongkan lebih banyak memori

Jika Anda menjalankan Android 7.0 Nougat atau lebih baru, Anda dapat memanfaatkan 'Smart Storage'. Jika perangkat Anda kesulitan mendapatkan ruang kosong, fitur ini akan secara otomatis menghapus salinan lokal dari foto dan video yang telah ditransfer dengan aman ke Foto Google. Untuk mengaktifkannya, buka 'Settings', ketuk 'Storage', dan nyalakan sakelar sakelar 'Smart Storage'.

12. Sesuaikan waktu layar kunci

Mengapa Anda harus mengurangi waktu yang diperlukan ponsel Anda untuk mengunci layar secara otomatis? Berkurangnya waktu membuat orang tidak akan menggesek ponsel Anda sebelum mengunci sendiri. 

Ini juga akan mengurangi daya baterai, karena layar akan tetap menyala untuk periode yang lebih singkat. Dari 'Settings', kepala ke 'Display', ketuk 'Advanced', dan pilih 'Screen Timeout'. Kemudian Anda dapat memilih periode waktu habis yang cocok untuk Anda.

13. Kustomisasi pemberitahuan dari kontak tertentu

Untuk membantu Anda mengidentifikasi siapa yang menelepon, dan memutuskan apakah akan menjawab atau tidak, Anda dapat menetapkan kontak tertentu dengan nada dering unik. Nada dering default Anda akan tetap sama, ubah dalam 'Settings', di bawah 'Voice', melalui opsi 'Phone ringtone'. 

Untuk mengubah pengaturan pemberitahuan untuk individu, buka aplikasi 'Contact', ketuk tab 'Contact' dan kemudian nama kontak. Buka menu (tiga titik di kanan atas), dan pilih 'Set ringtone'. Kemudian Anda dapat memilih suara tertentu dari daftar.

14. Ubah level volume secara terpisah

Anda mungkin tidak ingin memutar podcast Anda dengan volume yang sama dengan nada dering Anda. Untuk menyesuaikannya secara terpisah, luncurkan 'Settings' dan buka menu 'Voice'. 

Di sini, Anda akan menemukan slider volume untuk media, panggilan, alarm, dan nada dering. Anda juga dapat mengakses pengaturan volume individual dengan menekan tombol volume fisik, yang akan membuat satu slider muncul di layar, dan kemudian mengetuk opsi slider di bagian bawah. Ini akan membuka menu di mana Anda dapat melihat ketiga slider volume.

15. Buka kunci ponsel Anda di mobil Anda

Setelah Anda duduk dengan aman di mobil, Anda mungkin ingin ponsel Anda membuka kunci sendiri. Ini akan memungkinkan Anda membuka peta tanpa memasukkan kode, dan akan memungkinkan setiap penumpang untuk memainkan lagu favorit Anda. Android dapat melakukan ini dengan mengenali stereo mobil Anda sebagai perangkat Bluetooth 'trusted', yang membuktikan bahwa Anda memiliki ponsel. 

Dari 'Settings', menuju 'Security', lalu 'Smart Lock', lalu 'Trusted devices'. Terakhir, selesaikan proses pengaturan yang sederhana, dan kemudian ponsel Anda akan terbuka ketika itu ada di hadapan stereo mobil Anda.

16. Nyalakan Wi-Fi secara otomatis

Menonaktifkan Wi-Fi Anda saat Anda keluar dan sekitar meningkatkan keamanan ponsel Anda dan menjaga baterainya. Tetapi di hadapan jaringan Wi-Fi yang kuat dan tepercaya, yang pernah Anda gunakan di masa lalu, Android 8.0 dan 10.0 dapat secara otomatis mengaktifkan kembali Wi-Fi ponsel Anda. 

Dari 'Setting', ketuk 'Network & Internet', lalu Wi-Fi, lalu 'Wi-Fi preferences'. Terakhir, nyalakan 'Turn on Wi-Fi automatically'.

17. Ubah prioritas pemberitahuan

Versi terbaru Android juga memungkinkan Anda memprioritaskan berbagai jenis notifikasi dari aplikasi yang diberikan. Di Gmail, misalnya, Anda dapat memilih untuk menerima peringatan berisik untuk email penting dan yang tidak terlalu mencolok untuk pembaruan rutin. 

Buka 'Settings', ketuk 'Apps & notifications', dan pilih aplikasi tertentu atau ketuk Lihat semua untuk melihat daftar lengkap. Aplikasi yang berbeda akan menawarkan kategori peringatan yang berbeda, jadi pilih 'Notifications' untuk melihatnya dan konfigurasikan suara yang berbeda untuk masing-masingnya.

18. Beralih dengan cepat di antara aplikasi

Melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bukanlah pengaturan — tetapi ini masih membuat jalan pintas yang sangat berguna. Pada Android 8.0 satu ketukan pada tombol Ikhtisar, ikon kotak pada bilah navigasi menampilkan tampilan semua aplikasi Anda yang terbuka sebagai tab. 

Namun, jika Anda mengetuk dua kali pada tombol, Anda akan segera beralih dari aplikasi saat ini ke yang sebelumnya Anda gunakan. Namun pada Android 10, Anda tidak memiliki tombol tetapi Anda masih dapat melompat di antara aplikasi dengan mulus. Saat berada di suatu aplikasi, buat gesekan singkat dari bagian bawah layar dan kemudian ke kanan untuk melompat langsung ke aplikasi yang dibuka berikutnya.

19. Ubah mode emoji

Anda dapat melihat emoji di papan ketik Google default untuk Android dengan mengetuk tombol emoji di sebelah kiri bilah spasi. Tapi tahukah, bahwa Anda dapat menarik emoji dengan berbagai warna kulit atau jenis kelamin dengan menekan dan menahan ikon individual? Ini berfungsi pada sebagian besar emoji yang menggambarkan orang atau bagian tubuh, seperti acungan jempol.

20. Tampilkan informasi darurat

Jika seseorang menemukan telepon Anda setelah Anda mengalami kecelakaan, informasi medis utama Anda muncul di layar kunci dapat menyelamatkan hidup Anda. Untuk melakukan ini, buka 'Setting', pilih 'About phone', lalu ketuk 'Emergency information'. Anda dapat memberikan rincian seperti alergi dan status donor organ, serta kontak darurat.

21. Gerakkan kursor dengan lebih hati-hati

Dengan hanya menggunakan jari-jari, Anda mungkin kesulitan menyoroti bagian teks tertentu. Jika Anda menggunakan papan ketik Google default, maka trik yang rapi ini akan memudahkan untuk memindahkan kursor teks hanya satu atau dua karakter sekaligus. 
Luncurkan aplikasi apa pun tempat Anda dapat menulis dan mengedit teks, dan ketuk kotak teks untuk menarik papan ketik di layar. Kemudian, alih-alih memindahkan kursor di dalam kotak teks itu sendiri, letakkan jari Anda di bilah spasi. Ketuk dan seret ke kiri atau ke kanan pada bilah spasi untuk memindahkan kursor pengeditan teks ke arah yang sama.

22. Tweak rentang warna

Gamut warna' ponsel mengontrol rentang warna yang Anda lihat di layar. Gamut yang lebih luas berarti warna akan tampak lebih cerah, tetapi juga kurang alami. Anda dapat menyesuaikan gamut di 'Settings' dengan masuk ke 'Display, Advanced' memilih 'Colors', dan memilih 'Natural, Boosted, atau Adaptive'. Tergantung pada merek dan model ponsel Anda, Anda mungkin melihat berbagai opsi tercantum di sini. Bermain-main dengan mereka untuk menemukan skema warna yang paling cocok untuk Anda.

23. Tunda notifikasi

Untuk menghapus menu pemberitahuan yang berantakan, Anda dapat menyeret setiap peringatan ke kiri, dan mereka akan menghilang. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menghapus gangguan-gangguan itu sekarang, tetapi kembali lagi nanti, ketika Anda punya waktu untuk menanganinya dengan benar? Menunda notifikasi adalah fitur yang sangat berguna hanya tersedia pada ponsel yang menjalankan Android 8.0 Oreo dan yang lebih tinggi. 

Seret pemberitahuan apa pun ke kanan, dan ikon jam akan muncul. Ketuk jam, dan Anda dapat memilih untuk menunda peringatan selama 15 menit, 30 menit, 1 jam, atau 2 jam. Setelah waktu berakhir, pemberitahuan muncul kembali seolah-olah baru pertama kali masuk.

24. Dapatkan bantuan dari Cortana

Ketika datang ke berbagai asisten AI, setiap orang memiliki favorit. Jika Anda lebih suka pembantu digital Microsoft daripada Google Assistant atau Bixby, Anda dapat menginstal Cortana untuk Android. Anda bahkan dapat menjadikannya aplikasi default yang muncul ketika Anda menahan tombol Home di Android 8.0 Oreo. Buka 'Settings', buka 'Apps & notifications', lalu ketuk 'Advanced, Default apps', dan 'Assist app'.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0