IPB University Kembangkan FIA 4.0, Aplikasi Ramah Perempuan :: Nusantaratv.com

IPB University Kembangkan FIA 4.0, Aplikasi Ramah Perempuan

Aplikasi ini menjadi wadah konsultasi sekaligus pelaporan yang efektif mengenai permasalahan kekerasan seksual maupun diskriminasi yang dihadapi perempuan
IPB University Kembangkan FIA 4.0, Aplikasi Ramah Perempuan
FIA 4.0, aplikasi ramah perempuan karya mahasiswa IPB University. (Dok. Humas IPB)

Bogor, Nusantaratv.com - Mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) University menciptakan inovasi pemberdayaan perempuan yang fokus pada peningkatan softskill dan hardskill dari perempuan millenials.
 
Inovasi yang ditawarkan berupa aplikasi pemberdayaan perempuan pertama di Indonesia dengan nama Aplikasi Female in Action (FIA) 4.0. Aplikasi ini merupakan inovasi dari Zulfa Fauziah, Salsabila Ariana Putri, dan Reza Rifat Basya. Aplikasi yang fokus pada perempuan millenials usia 17-23 tahun ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Zulfa, Ketua Program Kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), mengatakan aplikasi ini dapat menjadi wadah untuk konsultasi dan menjadi tempat pelaporan yang efektif mengenai permasalahan kekerasan seksual maupun diskriminasi yang dihadapi perempuan.

Pengguna bisa konsultasi kepada pakar kesehatan maupun psikolog ahli. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menjadi tempat pengembangan diri yang efektif karena tersedia juga fitur kurikulum peningkatan softskill dan hardskill yakni fitur online training moduls.
 
"Aplikasi ini juga menjadi sarana edukasi yang responsif gender dengan menghadirkan empat fitur unggul yaitu FIA Post, FIA News, FIA Skill, dan FIA Video. FIA Post merupakan fitur yang berisi kumpulan cerita inspiratif dari perempuan yang ingin berbagi pengalaman kehidupan mereka. Melalui fitur ini mereka dapat mengirimkan cerita untuk dibagi kepada publik," ujar Zulfa, dalam keterangannya, yang dikutip nusantaratv dari situs resmi IPB, Senin (20/8/2019).

"FIA News berisi kumpulan motivasi, artikel inspiratif, edukasi dan info-info berupa kesehatan dan sejarah bagi perempuan. FIA Skill berisi kumpulan artikel softskill dan hardskill yang dilengkapi dengan informasi mengenai kegiatan yang bisa dilakukan kaum perempuan.  Adapun FIA Video berisi kumpulan video edukasi, motivasi dan inspiratif yang di-update dengan menyesuaikan kebutuhan perempuan," lanjutnya. 
 
Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi pendorong bagi perempuan millenials untuk aktif mengambil peran sesuai passion-nya masing-masing. Sehingga partisipasi dan kualitas perempuan bisa merata dan setara pada 2030.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0