Japan Railways Hadirkan Aplikasi untuk Lawan Pelecehan di Kereta Api :: Nusantaratv.com

Japan Railways Hadirkan Aplikasi untuk Lawan Pelecehan di Kereta Api

Salah Satu Masalah yang Dihadapi Warga Jepang Adalah Pelaku Pelecehan di Kereta Api.
Japan Railways Hadirkan Aplikasi untuk Lawan Pelecehan di Kereta Api
Japan Railways rilis aplikasi untuk membantu korban pelecehan di kereta api. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu masalah yang dihadapi warga Jepang adalah pelaku pelecehan di kereta api. Mereka biasanya memanfaatkan situasi bila kereta api di negara itu dalam kondisi penuh.

Ketika para penumpang berdesakan untuk masuk dan keluar. Maka saat itu, pelaku melecehkan sekaligus meraba para korbannya. Akibat kereta api terlalu penuh, sehingga sulit bagi korban dan orang lain untuk mengenali dan menangkap pelaku.

Selain itu pula, kereta api di Jepang yang sangat baik, membuat pelaku pelecehan bisa dengan cepat berpindah kereta ketika sampai di stasiun berikutnya. Namun, Japan Railways (JR East) memiliki solusi jitu. Mereka membuat apilkasi baru untuk menolong korban.

Baca Juga: Waduh! Google Akui Bagikan Video Pribadi ke Orang Asing

Jika korban beranggapan dirinya diraba atau dilecehkan, maka mereka tinggal membuka aplikasi dan menyentuh tombol khusus. Dimana tombol itu akan mengirim pesan kepada konduktor kereta.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (7/2/2020), berkat posisi GPS, konduktor bisa mengetahui dari mana peringatan itu muncul. Seperti di gerbong nomor berapa. Konduktor kemudian akan mengumumkan melalui mikrofon soal situasi itu. Karena seluruh penumpang di gerbong itu mendengar pengumumna itu, diharapkan pelaku pelecehan berhenti berbuat yang tidak senonoh tersebut.

Selain itu, tombol dalam aplikasi juga bisa memperingatkan petugas keamanan. Sehingga mereka bisa bersiap di perhentian kereta api berikutnya. Bahkan tepat di gerbong di mana peristiwa pelecehan terjadi. Dan, pada saat kereta berhenti mereka bisa mencoba menangkap pelaku. Sedangkan uji coba aplikasi baru ini akan dimulai pada akhir Februari ini di the Saikyo Line.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0