Lawan COVID-19, Ini Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi :: Nusantaratv.com

Lawan COVID-19, Ini Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi Mengklaim Sangat Memperhatikan Kerahasiaan Data Pribadi.
Lawan COVID-19, Ini Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Aplikasi pelacak sebaran virus corona (COVID-19) buatan Indonesia, PeduliLindungi, kini sudah bisa diunduh dan diinstal di smartphone Android melalui Play Store.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Dikutip dari laman PeduliLindungi, aplikasi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget pengguna dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Baca Juga: Apple dan Gedung Putih Bersinergi, Rilis Aplikasi dan Situs Web COVID-19

Aplikasi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi mengklaim sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi. Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data hanya akan diakses bila pengguna dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0