Miliki 400 Juta Pelanggan, Tak Ada Upaya WhatsApp Tangkal Berita Hoax :: Nusantaratv.com

Miliki 400 Juta Pelanggan, Tak Ada Upaya WhatsApp Tangkal Berita Hoax

Berdasarkan statistik, empat dari lima pengguna smartphone di India adalah pengguna WhatsApp
Miliki 400 Juta Pelanggan, Tak Ada Upaya WhatsApp Tangkal Berita Hoax
Pengguna WhatsApp di India mencapai 400 juta orang. (Digital Trends)

Jakarta, Nusantaratv.com - WhatsApp tengah berupaya menangkal berita palsu atau hoax di India. Dalam beberapa tahun terakhir, platform ini dibanjiri berita menyesatkan hampir setiap waktu demi kepentingan politik.

Dilansir dari Digital Trends, Senin (12/8/2019), CEO Lembaga Think Tank Pemerintah India, NITI Aayog, pada Juli lalu, mengungkapkan WhatsApp saat ini memiliki 400 juta pengguna di India.

Jumlah ini lebih besar dari populasi di Amerika Serikat (AS), bahkan naik 200 juta sejak terakhir kali perusahaan mengumumkannya pada 2017. Berdasarkan statistik, empat dari lima pengguna smartphone di negara ini adalah pengguna WhatsApp.

Aplikasi ini telah menjadi 'surga' bagi berita palsu. Rumor dan informasi yang salah dan menyebar dengan cepat melalui WhatsApp menyebabkan puluhan orang tewas sia-sia.

Tanpa adanya kontrol serta pengecekan fakta, memicu masalah yang makin buruk, terlebih banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi pesan untuk ponsel pintar ini. 

WhatsApp sendiri berencana meluncurkan fitur terbaru dalam beberapa bulan ke depan. Meski perusahaan telah membuat kemajuan yang mengesankan dengan aplikasinya, mungkin ini saatnya mengambil dan menilai kembali prioritas mereka terutama di negara-negara berkembang seperti halnya India.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0