Nggak Laku, Twitter Hapus Fitur Geotag di Tweet :: Nusantaratv.com

Nggak Laku, Twitter Hapus Fitur Geotag di Tweet

Geotag tidak tersedia lagi untuk publik
Nggak Laku, Twitter Hapus Fitur Geotag di Tweet
Twitter hapus fitur Geotag. (culturaacolori.it)

Jakarta, Nusantaratv.com - Layanan jejaring sosial Twitter memutuskan untuk mematikan fitur Geotag. Sebab, fitur tersebut jarang dipakai oleh pengguna, alias tidak laku. Pengumuman fitur Geotag tak tersedia lagi untuk publik, disampaikan Twitter lewat sebuah kicauan di akun @TwitterSupport.  

"Sebagian besar orang tidak memberi tag lokasi mereka yang sebenarnya di Tweet, jadi kami menghapus kemampuan ini untuk menyederhanakan pengalaman Tweeting Anda. Anda masih dapat menandai lokasi yang tepat untuk foto. Ini sangat membantu saat berbagi momen di lapangan," tulisnya.

Diketahui, fitur Geotag hadir pertama kali di Twitter pada 2009. Ketika itu, Twitter sangat optimis fitur tersebut akan dipakai banyak orang untuk pamer keberadaan mereka. 

Terlebih di saat itu aplikasi Foursquare, media sosial yang memanfaatkan fitur Geotag, tengah disukai anak muda. Hingga memunculkan prediksi jika Foursquare akan mengancam Twitter dan Facebook.

Pada akhirnya fitur Geotag kurang diminati. Foursquare juga ditinggalkan banyak orang. Ada unsur mengganggu privasi pada fitur tersebut. Orang-orang bisa menelusuri Tweet yang menggunakan Geotag, dan memungkinkan mereka untuk mengetahui keberadaan orang yang me-tweet tersebut.

Ada yang menganalisa jika Twitter saat ini mulai menghilangkan fitur-fitur yang tidak berguna untuk membuat layanan mereka lebih mudah untuk digunakan. Pada waktunya nanti, Twitter harus lebih melakukan riset mendalam sebelum merilis suatu fitur atau produk.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0