Smartphone Masih Bisa Pakai WhatsApp Atau Tidak Mulai 1 Februari 2020, Ini Cara Mengeceknya :: Nusantaratv.com

Smartphone Masih Bisa Pakai WhatsApp Atau Tidak Mulai 1 Februari 2020, Ini Cara Mengeceknya

Jika Versi yang Digunakan Adalah Android 2.3.7 Maka Segera Lakukan Pembaruan Perangkat ke Versi Lebih Baru.
Smartphone Masih Bisa Pakai WhatsApp Atau Tidak Mulai 1 Februari 2020, Ini Cara Mengeceknya
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Drive and Hype)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah smartphone Android dan iPhone tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2020. Aplikasi perpesanan milik Facebook itu diketahui menyetop dukungan untuk sistem operasi Android versi 2.3.7 Gingerbread atau yang lebih lama. Hal itu berlaku juga untuk iOS 8 atau versi lawas.

"Karena kami tidak lagi mendukung sistem operasi tersebut, beberapa fitur kemungkinan tidak akan berfungsi lagi," tulis WhatsApp.

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah smartphone Anda masih bisa menggunakan WhastApp atau tidak? Bagi pengguna smartphone Android, seperi dilansir dari laman Tribunewswiki, Sabtu (1/2/2020), buka menu 'setting' (pengaturan), kemudian pilih menu 'About Phone' (Tentang Ponsel).

Kemudian akan muncul informasi mengenai smartphone yang digunakan, termasuk versi Android yang tersemat di dalam ponsel pintar tersebut. Namun, di beberapa smartphone lain langkahnya mungkin saja bisa berbeda.

Contohnya, smartphone milik Samsung, dimana pengguna perlu mengklik menu 'Software information' (Informasi Software) di menu 'About Phone', guna mengetahui versi Android yang digunakan. Jika versi Android yang digunakan adalah Android 2.3.7, segera lakukan pembaruan perangkat ke versi lebih baru.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Merek Ponsel yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Besok

Dan, bagaimana dengan iPhone? Informasi tentang software bisa ditemukan lewat menu 'General' (Umum) dan klik menu 'About' (Mengenai).

Sejurus kemudian akan muncul informasi rinci terkait iPhone yang digunakan, termasuk versi iOS. Tapi, perlu diingat, di beberapa iPhone, pengguna bisa melihat informasi yang tercantum di halaman 'About' tadi setelah meng-klik menu 'General'.

Tetapi, apabila iOS yang digunakan adalah iOS 8, maka segera perbarui ke iOS 9 atau di atasnya. Selain menghentikan dukungan untuk Android dan iOS versi lama, WhatsApp juga telah menyetop dukungan untuk seluruh Windows Phone.

Berikut daftar sistem operasi yang mulai 1 Februari 2020 tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp:

1. Windows Phone atau Windows 10 Mobile

WhatsApp bakal menyetop dukungannya untuk semua ponsel berbasis Windows Phone. Penghentian layanan WhatsApp untuk Windows Phone semua versi, termasuk Windows 10 Mobile telah dimulai pada 31 Desember 2019. Bahkan, Microsoft telah meminta basis pengguna Windows Phone yang masih loyal agar beralih ke iOS atau Android.

2. Android versi 2.3.7

Kendati smartphone Android menjadi basis pengguna WhatsApp yang besar, namun sejumlah sistem operasi Android lawas bakal dihentikan layanannya, termasuk Android versi 2.3.7 keluaran 2010. Penghentian dukungan ini akan diberlakukan setelah 1 Februari 2020.

3. iOS 8

Selain smartphone Android, WhatsApp juga populer di iPhone yang menjalankan iOS. Namun versi iOS 8 ke bawah bakal disetop dukungannya oleh WhatsApp setelah 1 Februari 2020, berbarengan dengan Android 2.3.7. Sama pula dengan Android 2.3.7, di ekosistem Apple, populasi perangkat yang masih menjalankan iOS 8 tersebut hanya sedikit. Bagi iPhone, model terakhir yang mentok di iOS 8 tak akan bisa menggunakan WhatsApp.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0