Tahun 2019, Jumlah Unduhan TikTok Kalahkan Facebook dan Instagram :: Nusantaratv.com

Tahun 2019, Jumlah Unduhan TikTok Kalahkan Facebook dan Instagram

TikTok Bertengger di Posisi Kedua Karena Telah Diunduh Lebih Dari 700 Juta Pengguna di Dunia Pada 2019.
Tahun 2019, Jumlah Unduhan TikTok Kalahkan Facebook dan Instagram
Jumlah unduhan TikTok kalahkan Facebook dan Instagram. (Cnet)

Jakarta, Nusantaratv.com - Platform video musik asal China, TikTok, berhasil mengungguli Facebook dan Instagram dari segi jumlah unduhan. Menurut data dari Sensor Tower, TikTok berada di peringkat kedua, Facebook di posisi keempat, dan peringkat lima dihuni Instagram.

TikTok bertengger di posisi kedua karena telah diunduh lebih dari 700 juta pengguna di dunia pada 2019. Sensor Tower menghitung data ini melalui Google Play Store di Android dan App Store di iOS.

Dilansir dari Cnet, Jumat (17/1/2020), TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sedang digemari saat ini, dimana pengguna yang sebagian besar remaja dapat memposting video pendek hingga 15 detik, yang disinkronkan dengan musik.

Baca Juga: TikTok Perbarui Kebijakan Demi Perangi Konten Hoaks

Kendati sedang digemari di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia, namun TikTok memiliki masalah terkait kontennya di Amerika Serikat (AS). Tidak hanya mencurigai Huawei karena berpotensi membahayakan keamanan nasional Negara Adikuasa itu, tetapi ByteDance dan TikTok dituding sebagai ancaman terhadap privasi pengguna, keamanan dan kebebasan berbicara. 

Usulan gugatan class action yang diajukan di California mengklaim aplikasi ini telah secara ilegal dan diam-diam mengumpukan data pengguna yang dapat diidentifikasi secara pribadi dan mengirimkannya ke China.

Kecurigaan ini tidak menyebabkan TikTok masuk ke dalam daftar hitam, seperti Huawei. Bahkan Angkatan Darat AS telah melarang TikTok digunakan pada ponsel pemerintah demi mengikuti kebijakan yang dikeluarkan Pentagon. Sebelumnya, Angkatan Laut AS juga melarang aplikasi China dari perangkat seluler yang dikeluarkan pemerintah akibat masalah keamanan siber.

Meski begitu, TikTok mengalami kenaikan drastis tahun lalu. Sejak pertama kali diluncurkan, India menjadi negara dengan peduduknya paling banyak mengunduh aplikasi ini dengan menyumbang 45 persen.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
2
angry
0
sad
0
wow
0