Tangkal Hoaks Corona, Facebook Rilis Layanan Cek Fakta untuk WhatsApp di Italia :: Nusantaratv.com

Tangkal Hoaks Corona, Facebook Rilis Layanan Cek Fakta untuk WhatsApp di Italia

WhatsApp Adalah Platform Perpesanan Paling Populer di Italia.
Tangkal Hoaks Corona, Facebook Rilis Layanan Cek Fakta untuk WhatsApp di Italia
Ilustrasi WhatsApp. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Facebook merilis layanan di Italia untuk memeriksa keakuratan informasi tentang virus corona (COVID-19) yang beredar di platform perpesannya, yakni WhatsApp.

Dilansir dari Reuters, Jumat (3/4/2020), dalam upaya baru melawan konten yang dimanipulasi, Facebook mengatakan pihaknya bekerja dengan layanan pengecekan fakta lokal yakni Facta, yang menganalisis konten yang beredar di WhatsApp, termasuk video, audio atau foto.

Baca Juga: WhatsApp Ketahuan Kembangkan Fitur Hapus Pesan Otomatis

Pengguna bisa mengirim konten ke Facta melalui pesan WhatsApp untuk memeriksa apakah itu asli atau tidak. WhatsApp adalah platform perpesanan paling populer di Italia, pusat penyebaran virus corona di Eropa.

Lalu lintas di platform tersebut telah melonjak sejak pemerintah menerapkan kebijakan lockdown di negara tersebut, membuat pengguna beralih ke media sosial untuk tetap bisa berhubungan dengan kerabat dan teman.

Akan tetapi, WhatsApp juga menjadi sarana hoaks dan disinformasi yang beredar di Italia. WhatsApp yang memiliki 2 miliar pengguna di seluruh dunia telah berusaha menemukan cara untuk menghentikan platform yang digunakan untuk menyebarkan berita palsu atau hoaks.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0