Waduh, Jutaan Database Nomor Telepon Pengguna Facebook Bocor :: Nusantaratv.com

Waduh, Jutaan Database Nomor Telepon Pengguna Facebook Bocor

Facebook sudah menghapus data sebelum memutuskan memotong kemampuan ke nomor telepon pengguna.
Waduh, Jutaan Database Nomor Telepon Pengguna Facebook Bocor
Ilustrasi Facebook. (Time Magazine)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kabar tak sedap kembali menimpa Facebook. Peneliti keamanan yang juga member GDI Foundation bernama Sanyam Jain menemukan database online.

Database ini berisi nomor telepon yang ditautkan dengan ID pengguna lebih dari 419 juta. Ratusan juta nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook itu bocor. Data yang dimaksud mencakup nama, jenis kelamin, dan negara asal pengguna. Server yang terpapar ini tidak dilindungi dengan password, jadi siapa pun dapat mengakses informasi di dalamnya.

Baca: Akun Bos Twitter Diretas Hacker, Tampilkan Cuitan Rasis

Namun, tidak jelas siapa orang yang menarik data Facebook ini dan alasan mereka mengunggahnya secara online. Padahal, Facebook sudah menghapus data sebelum memutuskan memotong kemampuan ke nomor telepon pengguna.

"Database ini sudah tua dan tampaknya memiliki informasi yang diperoleh sebelum kami membuat perubahan tahun lalu untuk menghapus kemampuan orang menemukan yang lain menggunakan nomor telepon mereka. Database telah dihapus dan kami tidak melihat bukti akun Facebook dikompromikan," ujar juru bicara Facebook kepada Tech Crunch, dikutip dari The Nex Web, Kamis (5/9/2019).

Baca: Demi Kesehatan Mental, Facebook Bakal Sembunyikan 'Like'

Ini menjadi insiden mengkhawatirkan dalam rangkaian pelanggaran data di Facebook sejak Mei lalu, dimana terdapat 49 juta data pengguna Instagram juga bocor. Facebook mengklaim data mereka sudah usang dan tidak relevan.

Dan, insiden terbaru ini adalah contoh data terbaru yang disimpan secara online dan publik tanpa password. Meskipun sering dikaitkan dengan kesalahan manusia dibanding pelanggaran berbahaya, bocoran data tetap merupakan masalah keamanan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0