Fitur Google Memungkinkan Pengguna Berkomunikasi dengan Layanan Darurat 911 Tanpa Bicara :: Nusantaratv.com

Fitur Google Memungkinkan Pengguna Berkomunikasi dengan Layanan Darurat 911 Tanpa Bicara

Google hadirkan fitur yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan operator 911 tanpa berbicara
Fitur Google Memungkinkan Pengguna Berkomunikasi dengan Layanan Darurat 911 Tanpa Bicara
Google hadirkan fitur layanan darurat 911 tanpa bicara. (CNS News)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menghubungi 911 dalam situasi darurat tak semudah yang dibayangkan. Dalam beberapa situasi, si penelepon tak dapat berbicara, mungkin karena mengalami cedera berbahaya, atau karena mengalami ganguan bicara. 

Pada Kamis (1/8/2019), Google mengumumkan fitur Android baru yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan operator 911 tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Demikian dilansir dari Digital Trends, Jumat (2/8/2019).

Dimulai dengan Pixel smartphones, pengguna akan dapat memulai panggilan audio ke layanan darurat di mana ponsel berkomunikasi secara verbal untuk Anda. Dengan kata lain, hanya dengan mengetuk tombol di layar, operator 911 akan diberi tahu sifat umum keadaan darurat dan lokasi Anda. 

"Mengetuk tombol 'Medis', 'Kebakaran' atau 'Polisi' selama panggilan darurat akan menyampaikan jenis darurat kepada operator melalui layanan suara otomatis. Layanan itu berfungsi pada perangkat, yang berarti informasi tetap berada di antara Anda dan darurat layanan, dan fungsi layanan apakah Anda memiliki koneksi data atau tidak. Setelah Anda mengaktifkan layanan, Anda selalu dapat berbicara langsung dengan operator juga," ujar Paul Dunlop, Product Manager Google.

"Lokasi Anda, yang berasal dari GPS ponsel Anda, sering sudah dibagikan dengan operator ketika Anda membuat panggilan 911. Fitur baru ini memberikan informasi lokasi yang serupa melalui layanan suara otomatis, bersama dengan kode tambah penelepon, yang adalah cara lain yang dapat diandalkan untuk membantu layanan darurat menemukan mereka dengan akurat. Seperti konten lainnya yang dibagikan dengan operator menggunakan fitur ini, lokasi Anda tetap di antara mereka dan layanan darurat," sambung Dunlop.

Dunlop menyebut fitur baru akan tersedia di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa bulan mendatang, dimulai dengan ponsel Google Pixel.

"Kami telah mengumpulkan umpan balik dari organisasi keselamatan publik, termasuk National Emergency Number Association, untuk membuat fitur ini yang mungkin dapat membantu, dan kami berharap untuk melanjutkan kolaborasi kami dengan komunitas layanan darurat untuk membuat orang lebih aman," cetus Dunlop.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0