Intel Rancang Chip yang Bisa Mencium Bau Seperti Manusia :: Nusantaratv.com

Intel Rancang Chip yang Bisa Mencium Bau Seperti Manusia

Chip Intel Akan Menggunakan Algoritma untuk Mendeteksi Bau.
Intel Rancang Chip yang Bisa Mencium Bau Seperti Manusia
Nabil Imam, peneliti senior yang bekerja di kelompok Intel Labs neuromorphic computing di Cornell University, AS. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Banyak proyek yang mencoba menciptakan jaringan saraf buatan. Tapi Intel rupanya memilih melakukan sesuatu yang berbeda.

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat (AS) itu mengembangkan chip komputer yang berpotensi mencium bau layaknya manusia.

Dilansir dari Ubregizmo, Jumat (20/3/2020), Intel percaya mereka telah membangun sebuah algoritma yang meniru aktivitas otak manusia ketika mencium aroma dari sebuah benda. Chip itu akan menggunakan algoritma untuk mendeteksi bau tersebut.

Baca Juga: SpaceX Kirim Astronot NASA ke Luar Angkasa Pada Mei

Saat ini, chip itu hanya mampu mencium beberapa jenis bau. Tentu saja masih mustahil sebuah komputer buatan bisa mencium bau seperti layaknya manusia.

(YouTube/Ubergizmo)

Nabil Imam, seorang peneliti senior yang bekerja di kelompok Intel Labs neuromorphic computing di Cornell University, AS, adalah salah satu anggota utama yang bertanggung jawab untuk menciptakan chip itu.

Chip itu dikenal sebagai Loihi neuromorphic test chip milik Intel dan masih dalam tahap uji coba. Dan ketika peneliti tersebut ditanya penerapan teknologi ini di masa depan, peneliti menyebut jika chip itu mungkin bisa dipakai untuk hidung elektrik. 

Dengan begitu, perangkat cerdas yang menggunakan hidung elektrik bisa mendeteksi bau tertentu dan memberikan notifikasi pada pengguna. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0