Robograss, Robot Pembasmi Rumput Liar Otomatis dengan Sinyal Wi-Fi :: Nusantaratv.com

Robograss, Robot Pembasmi Rumput Liar Otomatis dengan Sinyal Wi-Fi

Robograss menggunakan teknologi laser sebagai pembasmi rumput liar menggunakan pengendali laptop dari jarak jauh
Robograss, Robot Pembasmi Rumput Liar Otomatis dengan Sinyal Wi-Fi
Mahasiswa ITB ciptakan Robograss pembasmi umput liar otomatis. (Dok. Humas ITB)

Bandung, Nusantaratv.com - Mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)-ITB program studi Teknik Elektro menciptakan Robograss.

Yakni robot pembasmi rumput liar otomatis yang dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan bantuan sinyal Wi-Fi. Perangkan ini diciptakan oleh Tafriyana, Syifauqulub A.N, dan M. Farhan A.

Robograss menggunakan teknologi laser sebagai pembasmi rumput liar yang pergerakannya dikendalikan oleh user menggunakan pengendali laptop dari jarak jauh. 

User dapat memilih rumput yang akan dibasmi melalui tampilan yang ada di layar laptop yang dikirimkan Robograss kemudian user yang akan menentukan apakah rumput tersebut akan dibasmi melalui laser yang dipasang di robot.

Robograss dibekali baterai lithium-polymer 10.000 mAh yang mampu menampung energi untuk penggunaan alat hingga 3 jam dan mode standby hingga 6 jam.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki Robograss adalah pembasmian rumput yang tidak merusak tanaman rumput asli karena dikendalikan oleh user dalam jarak 10-15 meter. 

"Untuk kedepannya, Robograss dapat ditargetkan mampu dikendalikan dalam jarak lebih dari 100 meter," ujar Farhan, dilansir dari situs resmi ITB, Rabu (14/8/2019)..

Dijelaskan Farhan, untuk uji coba sudah dilakukan di lapangan sepakbola Saraga dan efektifitasnya tergantung dari user sendiri sebagai pengguna yang menggendalikan robot. 

"Tugas ke depannya dari pengembangan Robograss adalah fokus kepada pengembangan jarak antara robot dan user serta sistem kendali yang lebih baik lagi," tambah Farhan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0