Samsung Umumkan Sensor Kamera Terkecil yang Pernah Ada :: Nusantaratv.com

Samsung Umumkan Sensor Kamera Terkecil yang Pernah Ada

ISOCELL Slim GH1 dihadirkan untuk kebutuhan kamera selfie. Samsung juga sampai dengan saat ini hanya menawarkan sensor 32MP berukuran 0.8μm.
Samsung Umumkan Sensor Kamera Terkecil yang Pernah Ada
Samsung umumkan sensor kamera terkecil. (DP Review)

Jakarta, Nusantaratv.com - Samsung telah mengumumkan sensor baru untuk kamera smartphone. Sensor ini diklaim memiliki ukuran paling kecil dari sensor kamera smartphone yang pernah ada.

Sensor terbaru buatan raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) itu berukuran 0,7μm. Model ISOCELL Slim GH1 adalah sensor terbaru milik Samsung. Perangkat ini merupakan sensor untuk kamera 43,7MP.

Dilansir dari The Verge, Selasa (24/9/2019), Samsung mengklaim sensor ini didesain untuk menawarkan resolusi tinggi dalam ukuran kecil. Perusahaan menyebut sensor ini akan memberikan solusi optimal untuk perangkat berlayar penuh, tapi dengan dimensi yang lebih tipis.

Dengan demikian, ISOCELL Slim GH1 dihadirkan untuk kebutuhan kamera selfie. Perusahaan juga sampai dengan saat ini hanya menawarkan sensor 32MP berukuran 0.8μm. 

Baca Juga: W20 5G, Smartphone Lipat Terbaru Samsung

Diketahui, sensor berukuran kecil selalu dianggap memiliki kemampuan kamera kurang baik. Sensor yang berukuran kecil disinyalir kurang memiliki kemampuan yang baik untuk mengumpulkan cahaya. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko munculnya noise. 

Namun, dengan tingginya resolusi yang ditawarkan, sensor ini bisa mengatasi masalah tersebut. Sebagaimana diketahui, pada kamera resolusi tinggi, empat piksel akan dikawinkan menjadi satu. Teknik ini dikenal sebagai pixel binning. Dengan cara ini, sensor tersebut mampu menghasilkan gambar dengan sensitivitas cahaya layaknya sensor berukuran 1,4μm. 

Namun, dalam praktiknya, resolusi dan ukuran sensor tidak menjadi patokan utama untuk menentukan kualitas foto di smartphone. Beberapa smartphone hadir dengan sensor 12MP, namun mampu menghasilkan gambar dengan kondisi cahaya ideal terbilang cukup baik. 

Samsung mengatakan pihaknya akan mulai memproduksi ISOCELL Slim GH1 pada akhir tahun ini. Dan, kemungkinan sensor ini akan segara digunakan pada 2020.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0