4 Cara Cek Nomor IMEI di Ponsel yang Kita Miliki :: Nusantaratv.com

4 Cara Cek Nomor IMEI di Ponsel yang Kita Miliki

masyarakat diminta mengecek Ponsel yang dimilikinya, dengan cara melakukan pengecekan IMEI di website resmi Kementerian Perindustrian
4 Cara Cek Nomor IMEI di Ponsel yang Kita Miliki
Cek IMEI di website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin)./fastweb

Nusantaratv.com - Maraknya peredaran ponsel ilegal atau HP black market, membuat pemerintah menerapkan aturan IMEI untuk mencegah peredaran ponsel ilegal di Indonesia berlaku mulai 18 April 2020. Untuk itu masyarakat diminta lebih jeli saat membeli barang tersebut dan memastikan gawai yang akan dibeli benar-benar resmi.

Penertiban ponsel ilegal itu dilakukan dengan pemblokiran International Mobile Equipment Identity (IMEI). IMEI adalah nomor identitas khusus untuk ponsel yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Nantinya Ponsel dengan IMEI ilegal akan diblokir atau tidak mendapatkan sinyal jaringan operator.

Untuk itu masyarakat diminta mengecek Ponsel yang dimilikinya, dengan cara melakukan pengecekan IMEI di website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca Juga: Mulai Diblokir April 2020, Begini Kata YLKI Soal IMEI Ponsel Ilegal

Apabila belum terdaftar, ada kemungkinan ponsel merupakan ponsel ilegal. Sebelum menuju website Kemenperin, berikut empat cara untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel:

1. Bodi Belakang Ponsel

  • Ketika Anda membeli ponsel baru coba perhatikan bodi bagian belakangnya. Biasanya ada cetakan stiker nomor IMEI. Namun tidak semua vendor menyertakan nomor IMEI pada bagian bagian belakang ponselnya.

2. Kotak Ponsel

  • Nomor IMEI juga bisa Anda lihat di kotak ponsel. Biasanya nomer IMEI ditempatkan bersama serial number ponsel tersebut.

3. Menu Pengaturan

  • Nomor IMEI bisa Anda lihat melalui menu pengaturan. Untuk perangkat iPhone langkahnya yakni buka menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android terdapat di menu Setting > About Phone > Status.

4. Tekan *#06#

  • Apabila pada bagian belakang ponsel Anda tidak ada stiker nomor IMEI, kotak ponsel pun tidak tahu berada di mana, Anda bisa menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon dan nomor IMEI akan otomatis muncul pada layar.

Sumber: okezone.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0