Ingat, 18 April 2020 Ponsel Ilegal Bakal Diblokir Pemerintah :: Nusantaratv.com

Ingat, 18 April 2020 Ponsel Ilegal Bakal Diblokir Pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menegaskan bakal blokir peredaran ponsel ilegal alias black market (BM) di Indonesia mulai 18 April 2020.
Ingat, 18 April 2020 Ponsel Ilegal Bakal Diblokir Pemerintah
Mulai 18 April 2020, Pemerintah memblokir HP ilegal./inet.detik.com

Nusantaratv.com - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal alias black market ( BM) di Indonesia mulai 18 April 2020. Mekanismenya memanfaatkan nomor IMEI perangkat yang menggunakan kartu SIM. 

Kemenperin memiliki database berisi nomor IMEI ponsel yang masuk secara resmi ke Indonesia. Jika nomor IMEI sebuah ponsel tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan perangkat tersebut masuk lewat jalur non-resmi.

Untuk saat ini aturan belum berlaku. Tampaknya masih banyak ponsel BM yang beredar, Anda bisa melakukan pengecekan apakah ponsel Anda BM atau tidak.

Pertama dengan melakukan pengecekan IMEI disitus Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Ketika nomor IMEI terdaftar maka ponsel legal. Sementara itu ketika nomor IMEI tidak terdaftar, ponsel tersebut BM. Sebelum mengecek ke situs Kemenperin, nomor IMEI bisa dicek dengan berbagai cara. Paling mudah dengan menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon dan nomer IMEI akan otomatis muncul pada layar.

Baca Juga: Ponsel Dibeli di Luar Negeri Mulai 18 April 2020, Ini Aturan dan Pajaknya

Cara lainnya ialah dengan menggunakan aplikasi SIRANI yang bisa diunduh di Google Play. Melalui aplikasi ini, bukalah Daftar Sertifikat dan klik pencarian dengan menekan simbol kaca pembesar di bagian kanan atas.

Atur Parameter dengan posisi Nomor Sertifikat dan Jenis Sertifikat, yakni Sertifikat Berlaku. Setelah itu, temukan nomor postel yang ada pada kotak ponsel dan masukan nomor tersebut ke kolom pencarian, kemudian klik Cari.

Periksa apakah muncul keterangan terkait sertifikat berlaku. Bila ditemukan, maka ponsel tersebut ialah barang resmi dan bila tidak ditemuan sertifikat, maka ponsel tersebut kemungkinan ialah ponsel BM.

Sumber: okezone.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0