Rilis 19 September, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Disokong Chipset Kirin 990 :: Nusantaratv.com

Rilis 19 September, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Disokong Chipset Kirin 990

Chipset yang akan disematkan Huawei pada Mate 30 dan Mate 30 Pro adalah HiSilicon Kirin 990
Rilis 19 September, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Disokong Chipset Kirin 990
Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro gunakan chipset Kirin 990. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Usai Samsung merilis Galaxy Note10 Series, Huawei tak mau kalah. Raksasa teknologi asal China itu kini bakal menyegarkan kembali keluarga Mate, sebagai top-of-the-line ponsel cerdas miliknya.

Penggemar gadget sudah tahu sedikit tentang Mate 30, serta saudara kandungnya Pro dan Lite. Namun, kapan smartphone flagship milik Huawei itu akan diluncurkan, belum diketahui. Beredar kabar Huawei akan merilis Mate 30 dan Mate 30 Pro pada 19 September 2019 secara resmi di Eropa.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (11/8/2019), bahwa informasi itu keluar langsung dari Dr. Wang Chenglu, Presiden Huawei Consumer Business Software. Ia menyebut chipset yang akan disematkan Huawei pada Mate 30 dan Mate 30 Pro adalah HiSilicon Kirin 990.

Chipset Kirin 990 ini akan meningkatkan efisiensi energi sebagai salah satu fitur unggulan. Sebelumnya beredar rumor bahwa Huawei akan memuat Kirin 985 ke dalam tubuh Mate 30 Series. Namun, Dr. Wang mungkin berbicara tentang chip yang sama, hanya dengan nama pemasaran yang berbeda.

Ditambah, peningkatan daya memang sangat masuk akal. Sebab, chip baru yang dikembangkan Huawei ini, terlepas dari penamaannya disebut sebagai yang pertama diproduksi melalui fabrikasi EUV 7nm melalui mesin yang dimiliki TSMC. 

Kemungkinan dipasarkan sebagai 7nm +, EUV juga menambah kepadatan transistor 20 persen lebih besar dan mungkin akan sedikit lebih hemat daya. Diharapkan, chipset ini juga membawa modem 5G. Namun, informasi itu masih belum pasti, karena sumber lain mengklaim varian Mate 30 5G yang terpisah akan tiba sekitar Desember tahun ini.

Bocoran sebelumnya mengungkapkan Mate 30 Pro akan hadir dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci, serta memiliki refresh rate 90Hz. Selain itu, perangkat ini juga dibekali pengisian daya 55W, pembaca sidik jari di bawah layar dan potongan poni yang cukup besar.

Kemungkinan, poni yang cukup besar sengaja tetap ada untuk menempatkan beberapa sensor di dalamnya, salah satunya adalah sensor pemindai wajah. Selain itu, rumor lainnya juga mengatakan bahwa Mate 30 Pro akan punya dua sensor kamera 40MP di bagian belakang, sebagai bagian dari modul kamera melingkar. 

Sebagian besar dari informasi hardware yang disebutkan di atas juga berlaku pada P30. Sedangkan untuk versi lite, tentunya punya dukungan hardware yang sangat berbeda, namun pasti ada peningkatan di tahun ini dibandingkan generasi sebelumnya yang meluncur pada tahun lalu.

Untuk sistem operasi (OS), kemungkinan smartphone ini akan didukung HarmonyOS. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Huawei baru saja memperkenalkan OS buatannya sendiri tersebut. Namun, kemungkinan besar yang akan memakai sistem operasi ini adalah Mate 30 Lite.

Sementara, pada Mate 30 dan Mate 30 Pro akan tetap memakai Android, yakni sistem operasi buatan Google. Jika benar Mate 30 Lite akan memakai HarmonyOS, tentu saja ini akan menarik dan sekaligus menjadi pembuktian bagi Huawei atas OS terbarunya itu. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0