AS Ingin TSMC Hentikan Pembuatan Chip untuk Huawei :: Nusantaratv.com

AS Ingin TSMC Hentikan Pembuatan Chip untuk Huawei

Huawei Berada di Jantung Pertempuran Terhadap Dominasi Teknologi Global Antara AS dan China.
AS Ingin TSMC Hentikan Pembuatan Chip untuk Huawei
AS mempertimbangkan memutus Huawei dari pemasok chip global TSMC. (Yahoo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintahan Donald Trump sedang mempertimbangkan mengubah peraturan AS (Amerika Serikat) untuk memungkinkan memblokir pengiriman chip ke Huawei Technologies dari perusahaan-perusahaan seperti TSMC Taiwan, yang merupakan pembuat chip terbesar di dunia.

Pembatasan baru pada perdagangan dengan Huawei China adalah beberapa opsi yang akan dipertimbangkan pada pertemuan tingkat tinggi di AS pada pekan ini dan berikutnya. Proposal chip telah disusun, tapi persetujuannya masih perlu kepastian.

Langkah itu akan menjadi pukulan bagi pembuat ponsel pintar nomor dua di dunia itu serta bagi TSMC, sebagai produsen utama chip untuk unit HiSilicon Huawei dan saingan ponsel Huawei, Apple Inc dan Qualcomm Inc.

Baca Juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon X60, Gunakan Proses Fabrikasi 5nm

Huawei berada di jantung pertempuran terhadap dominasi teknologi global antara AS dan China. Negara Paman Sam itu berusaha meyakinkan sekutu untuk mengecualikan perlengkapannya dari jaringan 5G generasi berikutnya dengan alasan peralatannya dapat digunakan oleh China untuk memata-matai. Padahal, Huawei telah berulang kali membantah klaim tersebut.

Lantas bagaimana mereka bisa melakukan itu karena TSMC berbasis di Taiwan? Sederhana, TSMC menggunakan peralatan pabrikan buatan AS. Diketahui, TSMC adalah pemasok utama perusahaan untuk chip Kirin.

Untuk menargetkan penjualan chip global ke Huawei, otoritas AS akan mengubah Aturan Produk Langsung Asing, yang akan membuat perusahaan yang menggunakan teknologi AS mencari lisensi untuk menjual ke Huawei. 

Dan jika ini benar, maka entah apa yang akan terjadi. Sebab hampir tidak mungkin memproduksi chip tanpa menggunakan teknologi AS. Tidak ada jalur produksi di China yang tidak menggunakan mesin dari AS.

Namun upaya ini pada akhirnya akan membuat AS jauh lebih mahal daripada China atau Huawei pada khususnya. Dalam jangka panjang, langkah seperti itu akan mendorong inovasi menjauh dari AS dan justru memberikan keuntungan pada China.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0