Fitur Baru, Gmail di Platform iOS Bisa Blokir Pelacakan e-Mail :: Nusantaratv.com

Fitur Baru, Gmail di Platform iOS Bisa Blokir Pelacakan e-Mail

Pengaturan itu memungkinkan Gmail untuk memblokir gambar yang masuk, termasuk pelacakan email tak terlihat yang bersembunyi di badan pesan email.
Fitur Baru, Gmail di Platform iOS Bisa Blokir Pelacakan e-Mail
Gmail di platform iOS bisa blokir pelacakan email. (The Verge)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google baru saja menambahkan pengaturan terbaru untuk aplikasi Gmail di platform iOS. Pembaruan itu memungkinkan pengguna lebih mudah dalam memblokir pelacakan email yang tidak diinginkan. 

Pengaturan baru ini diharapkan ini dapat mencegah Gmail memuat gambar yang dilampirkan secara otomatis, yang sebelumnya hanya ditemukan di versi web Gmail. Pengaturan itu memungkinkan Gmail untuk memblokir gambar yang masuk, termasuk pelacakan email tak terlihat yang bersembunyi di badan pesan email. 

Baca: Google Hadirkan Fitur Baru Koreksi Ejaan dan Tata Bahasa untuk Gmail

Pembaruan ini menjadi respons sangat jelas terhadap kontroversi pada Juli lalu. Kejadian tersebut dimulai ketika mantan eksekutif dan perancang Twitter, Mike Davidson, menuliskan dalam postingan blog, tentang layanan email berlangganan populer yang memungkinkan penggunanya melacak lokasi dan waktu penerima membuka pesan. 

Setelah postingan blog Davidson tersebut viral, hal itu disebut sebagai bentuk pelanggaran privasi yang sudah ada sejak lama. Dilansir dari The Verge, Rabu (4/9/2019), bahwa Google telah membangun perlindungan terhadap pelacakan ke Gmail, dengan menonaktifkan kemampuan pengirim email untuk bisa menemukan penerima dengan melalui alamat IP. 

Baca: Google Rancang Algoritma yang Memungkinkan Pengguna Smartphone Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan memuat gambar otomatis untuk mencegah pelacak ini mengumpulkan data tentang Anda, kecuali Anda sengaja memutuskan untuk memuat gambar tersebut.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0