Kini, Pengguna Android Tak Butuh Password untuk Login ke Sejumlah Layanan Google :: Nusantaratv.com

Kini, Pengguna Android Tak Butuh Password untuk Login ke Sejumlah Layanan Google

Fitur baru Google ini akan meluncur ke semua ponsel yang menjalankan Android 7 atau lebih baru selama beberapa hari ke depan
Kini, Pengguna Android Tak Butuh Password untuk Login ke Sejumlah Layanan Google
Mesin pencari Google. (istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengguna Google kini bisa masuk ke beberapa layanan di Chrome Android tanpa password, dan hanya dengan menggunakan fingerprint. 

Tapi, fitur baru Google ini akan meluncur ke semua ponsel yang menjalankan Android 7 atau lebih baru selama beberapa hari ke depan.

Menurut halaman bantuan Google, fitur ini memungkinkan pengguna untuk login menggunakan metode yang telah diatur untuk membuka ponsel.

Dilansir dari The Verge, Selasa (13/8/2019), ponsel Android, pada dasarnya sudah memiliki kemampuan untuk mengautentikasi pembelian Google Pay dan masuk ke aplikasi menggunakan fingerprint.

Apa yang dibawa Google ini dimana pengguna dapat masuk menggunakan fingerprint yang sama ke salah satu layanan web dalam aplikasi Chrome.

Saat ini, pengguna dapat menggunakan fungsionalitas untuk melihat dan mengedit password yang telah disimpan Google di passwords.google.com. Tapi, Google berencana menambahkan fungsionalitas ke lebih banyak layanan Google dan Google Cloud di masa depan.

Membuka layanan tanpa harus mengingat password dirasa nyaman dan aman bagi sebagian pengguna. Dimana dengan metode terbaru ini, kredensial disimpan secara lokal di perangkat sehingga mereka tidak dapat dicegat atau diretas dari server perusahaan. 

Jika pengguna mempunyai handset Android yang kompatibel dengan fitur baru Google, maka bisa mencoba fungsionalitasnya dengan mengunjungi passwords.google.com menggunakan aplikasi Chrome di ponsel Anda. Layanan ini memungkinkan Anda mengelola semua password yang telah disimpan Chrome untuk Anda. 

Jika Anda mengetuk salah satu dari password yang tersimpan, maka Google akan meminta Anda untuk 'mem-verifikasi bahwa itu adalah Anda'. Autentikasi dapat dilakukan menggunakan fingerprint atau metode lain yang biasanya Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel. 

Agar fungsionalitas berfungsi, maka akun Google pribadi Anda harus ditambahkan ke perangkat Android. Fungsionalitas baru Google dibangun menggunakan FIDO2 dan protokol WebAuthn, standar terbuka yang dapat digunakan situs untuk mengamankan login berbasis web.

FIDO2 jauh lebih aman dibanding password biasa. Semua perangkat Android yang menjalankan Android 7 atau lebih baru mempunyai sertifikasi FIDO2, dan Google memungkinkan pengguna menggunakan ponsel Android sebagai kunci keamanan 2FA untuk masuk ke akun memakai teknologi yang sama.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0