Masuk Dapur DxOMark, Ini Hasil Pengujian Kamera Redmi 8 Note Pro :: Nusantaratv.com

Masuk Dapur DxOMark, Ini Hasil Pengujian Kamera Redmi 8 Note Pro

Penilaian Kualitas Foto Redmi Note 8 Pro Didasarkan Pada Dynamic Range yang Terbatas.
Masuk Dapur DxOMark, Ini Hasil Pengujian Kamera Redmi 8 Note Pro
DxOMark melakukan pengujian kamera pada Redmi Note 8 Pro. (DxOMark)

Jakarta, Nusantaratv.com - Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah smartphone flagship terbaru dalam jajaran perangkat Redmi yang terjangkau dari pabrikan asal China. Perangkat ini menampilkan layar IPS 6,53 inci dengan resolusi FHD + dan punggung yang tertutup kaca. Didukung sistem operasi Android 9 dan ditenagai chipset MediaTek Helio G90T dengan CPU octa-core.

Kamera belakang dilengkapi dengan empat modul terpisah. Kamera utama berukuran 64MP dan didukung kamera ultra-wide 8MP (f/2.2), kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP. Namun, resolusi besar tersebut tidak otomatis membuat kualitas kamera tinggi. Hal itulah yang terlihat dalam situs benchmark perangkat kamera DxOMark ketika menguji Redmi 8 Note.

Dalam salah satu pengujian terbaru DxOMark, perangkat ini hanya meraih skor total sebesar 84 poin. Skor tersebut berada di bawah beberapa ponsel kelas menengah lain seperti Samsung Galaxy A50 dan smartphone gaming Black Shark 2.

Penilaian kualitas foto Redmi Note 8 Pro didasarkan pada dynamic range yang terbatas sehingga detail di area terang (highlights) bisa tak tertangkap ketika memotret dengan kondisi cahaya berkontras tinggi.

Baca Juga: Diuji DxOMark, Kinerja Kamera ASUS ROG Phone 2 Mengecewakan  

"Selain itu, ada pergeseran warna (hue) di dekat area highlight yang mengalami clipping, seperti misalnya di langit biru," tulis DxOMark dalam laporan hasil pengujian Redmi Note 8 Pro, pada laman resmi DxOMark, Kamis (30/1/2020).

Selain itu, DxOMark menilai Redmi Note 8 Pro sanggup menghasilkan efek bokeh yang berkualitas baik, tapi penilaian zoom jarak jauhnya rendah karena memang tidak ada kamera dengan lensa telefoto.

"Meski memiliki sensor resolusi tinggi, hasil jepretannya kekurangnya detail yang halus. Ini menjadi semakin buruk dalam kondisi indoor," lanjut DxOMark.

Seperti halnya dengan foto, rekaman video Redmi Note 8 Pro menunjukkan sejumlah masalah. Dalam kondisi cahaya berubah, white balance dan ketidakstabilan eksposur menjadi titik lemah. Seperti pada stills, dynamic range terbatas, dengan kliping sorot yang terlihat jelas dalam adegan kontras tinggi yang cerah. Terlepas dari resolusi 4K, level detailnya rendah dan pada saat yang sama, noise terlihat di semua kondisi cahaya.

"Melihat skor Redmi Note 8 dan sampel gambar, jelas kamera pada Xiaomi Note 8 Pro tidak dapat bersaing dengan model kelas terbaik saat ini, dan menunjukkan berbagai area untuk peningkatan dalam mode foto dan video," sebut DxOMark. 

Hal ini menjadi wajar, mengingat Redmi Note 8 Pro adalah smartphone kategori budget dengan harga relatif terjangkau, sehingga kameranya juga tak sanggup bersaing dengan model-model high end dengan harga yang lebih mahal.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0