Perbarui Windows 7 ke Windows 10, Begini Caranya :: Nusantaratv.com

Perbarui Windows 7 ke Windows 10, Begini Caranya

Microsoft Dengan Dukungan Windows 7 Masih Bisa Dijalankan Tetapi Ada Beberapa Aplikasi yang Tidak Bisa Digunakan.
Perbarui Windows 7 ke Windows 10, Begini Caranya
Ilustrasi Windows 7. (Tech.co)

Jakarta, Nusantaratv.com - Setelah hampir 11 tahun perjalanannya, Microsoft akhirnya resmi menghentikan dukungan sistem operasi (OS) Windows 7, pada Selasa (14/1/2020).

Pakar keamanan siber dari CISSRec Pratama Persadha mengatakan Windows 7 masih bisa dijalankan. Tapi, dia mengungkapkan akan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan pada Windows 7.

"Aplikasi-aplikasi baru untuk OS Windows nantinya tidak bisa lagi dijalankan di Windows 7. Kalaupun bisa, tidak sempurna jalannya, karena memang tidak didesain untuk Windows 7," ujar Pratama, dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (16/1/2020).

Dengan begitu, pengguna yang masih memakai Windows 7 tidak akan mendapat software dari Microsoft. Ini artinya, ungkap Pratama, Microsoft tak akan lagi memperbarui sistem keamanan untuk menutup berbagai celah keamanan. Kondisi ini juga membuat perangkat sangat rentan terhadap serangan siber.

"Para pengguna harus memperbarui Windows 7 ke Windows 10," saran Pratama.

Baca Juga: Dukungan untuk Windows 7 Berakhir Hari Ini, Apa yang Harus Dilakukan?

Berikut cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10:

- Gunakan Windows asli yang memiliki kode lisensi asli. 

- Pengguna bisa mengunjungi situs (tautan: https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10).

- Pengguna harus memilih tombol 'Download tool' untuk mengunduh aplikasi yang membantu pengguna memperbarui Windows.

- Setelah pengunduhan selesai, pengguna bisa menjalankan aplikasi tersebut. Kemudian pilih tombol 'Accept' untuk menyetujui ketentuan lisensi. Dalam halaman 'What do you want to do?' pilih tombol 'Upgrade this PC now' lalu pilih 'Next'.

- Setelah mengunduh dan menginstal, aplikasi akan memandu pengguna untuk mengatur Windows 10 dalam PC. Setelah itu, pengguna bisa memilih data-data yang ingin disimpan.

- Dalam halaman 'Change what to keep' anda bisa memilih 'Keep personal files and apps' untuk menyimpan dokumen (file) dan aplikasi pengguna, 'Keep personal files only', atau pilih 'Nothing' untuk menghapus seluruh data di PC.

- Selanjutnya, aplikasi ini akan menjalankan proses pembaruan Windows. Dalam proses ini, PC anda akan restart beberapa kali. Pastikan pengguna tidak mematikan PC, pastikan baterai di laptop terisi penuh atau colok laptop dengan pengisi daya apabila pengguna memperbarui Windows di laptop.

- Setelah proses pembaruan selesai, sistem operasi akan terpasang di PC pengguna. Pengguna kemudian harus mengaktivasi Windows 10 dengan memasukkan kode lisensi Windows yang sebelumnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
2
love
0
funny
1
angry
0
sad
3
wow
3