'Tol Langit' Beroperasi, Jokowi: Tak Boleh untuk Fitnah dan Hoax :: Nusantaratv.com

'Tol Langit' Beroperasi, Jokowi: Tak Boleh untuk Fitnah dan Hoax

Jokowi berharap Tol Langit membuat bangsa semakin kompetitif
'Tol Langit' Beroperasi, Jokowi: Tak Boleh untuk Fitnah dan Hoax
Jokowi saat meresmikan 'Tol Langit'

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian 'Tol Langit' atau Palapa Ring di Istana Negara, Senin (14/10/2019). Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan kepada masyarakat agar makin bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab setelah ini akses internet di Indonesia diyakini akan semakin luas dan cepat.

Baca juga: Jokowi Bakal Lihat Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah nggak, untuk hoax nggak, untuk fake news nggak," kata Jokowi.

Fitnah dan hoaks  di media sosial, menurut Jokowi harus dicegah. Ia pun berpesan agar akses internet tak disalahgunakan untuk kejahatan siber.

"Ini yang harus dicegah. Saling menjelekkan, saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber dan kejahatan lain agar tidak semakin berkembang di negara kita," tuturnya.

Jokowi juga meminta aparat pemerintahan memanfaatkan pengoperasian Tol Langit untuk memperbaiki fungsi pelayanan publik.

"Bagi seluruh aparat pemerintah agar memanfaatkan operasinya Tol Langit ini agar birokrasi yang melayani dan efisien, bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan efektivitas ini dengan baik, gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan, dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia," jelasnya.

Palapa Ring ialah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Proyek ini belakangan dijuluki Tol Langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Menkominfo Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0