Ini Kamera Tercepat di Dunia, Bisa Rekam 70 Triliun Frame Dalam Satu Detik :: Nusantaratv.com

Ini Kamera Tercepat di Dunia, Bisa Rekam 70 Triliun Frame Dalam Satu Detik

Teknologi Ini Disebut Dengan Compressed Ultrafast Spectral Photography.
Ini Kamera Tercepat di Dunia, Bisa Rekam 70 Triliun Frame Dalam Satu Detik
Ilustrasi. (New Atlas)

Jakarta, Nusantaratcv.com - Kamera smartphone terbaik mampu merekam slow motion bahkan hingga hampir 1000 frame per detik. Namun baru-baru ini, sebuah kamera baru berhasil dikembangkan dengan kemampuan merekam frame sebanyak 70 triliun dalam satu detik. Bahkan kemampuan itu diklaim dapat merekam pergerakan cahaya dalam gerak lambat.

Dikutip dari New Atlas, Rabu (6/5/2020), dikembangkan di Caltech, teknologi ini disebut dengan compressed ultrafast spectral photography (CUSP). Untuk cara kerjanya, tentu saja berbeda dengan kamera konvensional.

CUSP menggunakan cahaya laser dengan interval pendek. Setiap tembakan itu hanya  berlangsung selama satu femtodetik, atau sekitar satu per seribu triliun detik. Sistem optik akan membagi laser ini menjadi kilatan-kilatan pendek. Saat kilatan itu menyentuh sensor, gambar kemudian diproduksi. Dan itu terjadi sebanyak 70 triliun kali dalam satu detik.

Baca Juga: Vivo Ajukan Paten Desain Smartphone Slider

Sistem CUSP sejatinya dibuat berdasarkan teknologi yang dikembangkan oleh Lihong Wang sebelumnya. Versi aslinya, dikenal dengan nama compressed ultrafast photography (CUP) pada 2014, dimana dapat merekam 100 miliar frame dalam satu detik.

Empat tahun setelah itu, tim ini sukses merekam hingga 10 triliun frame dalam satu detik, menggunakan versi canggih dari teknologi yang disebut T-CUP. Dengan terobosan baru ini, Wang dan timnya percaya jika CUSP dapat digunakan untuk menyelidiki dunia yang sangat cepat dalam fisika dasar dan membantu menciptakan elektronik yang lebih kecil dan lebih sensitif.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0