Samsung, Huawei dan Qualcomm Sepakati Standar Codec Video 4K dan 8K :: Nusantaratv.com

Samsung, Huawei dan Qualcomm Sepakati Standar Codec Video 4K dan 8K

Google Kabarnya Juga Menawarkan Codec Miliknya Secara Gratis.
Samsung, Huawei dan Qualcomm Sepakati Standar Codec Video 4K dan 8K
Ilustrasi. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Samsung, Huawei dan Qualcomm dikabarkan sepakat dalam menetapkan codec MPEG-5 EVC sebagai standar video 4K dan 8K.

Codec ini sendiri menawarkan pengurangan ukuran file dan kualitas video yang lebih baik. Keduanya merupakan komponen penting dalam video 4K dan 8K di smartphone.

Diketahui, ketiga perusahaan tersebut lebih memilih EVC daripada HEVC (High Efficiency Video Codec). Codec ini sendiri bukan merupakan hal baru dan sudah ada sejak lama. Di samping sejumlah keunggulannya, tapi sayangnya format ini tidak banyak digunakan.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu (16/5/2020), agar bisa menggunakan HEVC, diperlukan sebuah lisensi. Tapi, untuk mendapatkan lisensi ini bukanlah perkara mudah. Sebab itu hanya sekitar 12 persen dari layanan streaming di internet yang bisa mengadopsi HEVC. 

Baca Juga: Honor X10 Dibekali Sensor RYYB, Foto Malam Jadi Lebih Baik 

Ketiga perusahaan besar yang bergerak di industri mobile itu menyatakan akan memberikan persyaratan yang adil, wajar dan tidak diskriminatif untuk masing-masing klaim paten yang mencakup standar ini. Dengan kata lain, keuntungan MPEG-5 EVC tidak lama lagi akan dapat digunakan di beberapa platform, bahkan smartphone.

Lebih lanjut, lisensi yang lebih mudah didapatkan ini diprediksi akan memperluas adopsi MPEG-5 EVC ketimbang HEVC yang sudah ada lebih dahulu. Di samping itu, Google kabarnya juga menawarkan codec miliknya secara gratis, yakni AV1. Codec ini sudah digunakan di situs-situs populer seperti YouTube, Netflix dan Facebook. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0