Baidu Gunakan AI Guna Deteksi Warga yang Tidak Pakai Masker di China :: Nusantaratv.com

Baidu Gunakan AI Guna Deteksi Warga yang Tidak Pakai Masker di China

Wabah Virus Corona Masih Menjadi Ancaman Serius di China.
Baidu Gunakan AI Guna Deteksi Warga yang Tidak Pakai Masker di China
Warga mengenakan masker. (Alodokter)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wabah virus corona masih menjadi ancaman serius. Akibatnya banyak organisasi dan pemerintah di dunia menyarankan orang untuk memakai masker guna membantu mencegah penularan virus corona.

Tapi di China, masyarakatnya diwajibkan menggunakan masker terutama di wilayah-wilayah tertentu. Terlebih di area umum seperti mall, restoran, transportasi publik, dan lain-lain.

Nah! Bagaimana jika mereka tidak memakai masker? Tentu saja sangat sulit bagi pihak berwenang untuk mengecek hal ini di hadapan umum. Tapi itulah sebabnya AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan digunakan.

Baca Juga: Peneliti Monash University Kembangkan Kecerdasan Buatan Demi Cegah Bunuh Diri

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (18/2/2020), Baidu akan merilis sistem AI, yang akan membantu mengidentifikasi orang yang berada di tempat umum tanpa menggunakan masker. Baidu mengklaim model AI ini telah dilatih untuk menganalisa 100.000 foto dan memiliki akurasi 96,5 persen.

Penggunaan AI dan sistem pengenalan wajah bukanlah hal baru di China. Negeri Tirai Bambu itu kerap memakai cara-cara ini. Terdapat beberapa kisah keberhasilan, dimana dua sistem itu menolong penegak hukum di China melacak dan menahan tersangka atau buronan.

Beberapa orang mungkin berpendapat jika hal ini berlebihan. Tapi di sisi lain, virus corona masih menyebar dan menjadi ancaman. Jadi mengapa kita tidak mengambil tindakan pencegahan guna menjaga diri sendiri maupun orang lain yang berada di sekitar agar tetap aman dari virus corona yang mematikan itu?

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0