Bantu Perangi COVID-19, Peneliti Ingin Gunakan Data Crowdsourced :: Nusantaratv.com

Bantu Perangi COVID-19, Peneliti Ingin Gunakan Data Crowdsourced

Universitas Telah Meluncurkan Program Baru yang Disebut COVID-19 Citizen Science.
Bantu Perangi COVID-19, Peneliti Ingin Gunakan Data Crowdsourced
Ilustrasi. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Jika Anda bukan dokter, ilmuwan, atau peneliti medis, bukan berarti Anda tidak bisa membantu melawan virus corona (COVID-19).

Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (1/4/2020), anda hanya cukup tinggal di rumah dalam membantu menekan penyebaran virus mematikan itu. Tindakan tersebut dirasakan sudah sangat membantu.

Tapi jika ingin lebih aktif dalam memberikan bantuan, para peneliti di UC San Francisco (UCSF) menyediakan wadahnya. Universitas telah meluncurkan program baru yang disebut COVID-19 Citizen Science (CCS) yang pada dasarnya menggunakan data crowdsourced untuk membantu mereka lebih memahami virus dan melacaknya.

Baca Juga: Heat Map Perlihatkan Sejumlah Orang Masih Beraktivitas di Luar Rumah Selama Pandemi COVID-19

Program terbuka untuk semua orang di seluruh dunia selama mereka berusia 18 tahun ke atas dan memiliki smartphone. Jadi bagaimana cara kerjanya? 

Melalui aplikasi smartphone, pengguna akan diminta menjawab pertanyaan tentang kesehatan dan kebiasaan sehari-hari mereka. Mereka juga akan diminta dengan pertanyaan baru setiap minggu selama enam bulan ke depan. 

Ada juga opsi untuk memungkinkan aplikasi melacak Anda, dan kabar baiknya adalah ini adalah fitur opt-in. Jadi, jika Anda lebih suka tidak dilacak, Anda dapat memilih tidak untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Dalam jangka panjang, partisipasi kolektif individu yang berkomitmen dalam CCS akan membantu mengidentifikasi perilaku, pengaruh dan faktor-faktor yang meningkatkan atau mengurangi risiko infeksi atau yang mempengaruhi hasil setelah infeksi. Semakin besar jumlah peserta, semakin besar kemungkinan temuan yang valid secara statistik muncul dari penelitian - kata UCFS.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0