Bekraf Gandeng UI, Ajak Desainer Arsitektur dan Interior Maksimalkan Teknologi Digital :: Nusantaratv.com

Bekraf Gandeng UI, Ajak Desainer Arsitektur dan Interior Maksimalkan Teknologi Digital

Event ini dikemas dalam bentuk masterclass teknologi digital untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang arsitektur dan desain interior
Bekraf Gandeng UI, Ajak Desainer Arsitektur dan Interior Maksimalkan Teknologi Digital
Bekraf ajak desainer arsitektur dan interior maksimalkan teknologi gigital. (Bekraf)

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) menggelar event bertajuk 'Indonesia Creative Digital Architecture and Interior Design', di Kampus UI Depok, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada 20-21 Agustus 2019.

Tujuannya meningkatkan minat, kemampuan dan kreativitas arsitek dan desainer muda Indonesia dalam pemanfaatan teknologi digital agar mampu bersaing secara global.

"Sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital, Bekraf dan UI melalui program Bekraf Creative Labs menggagas tema Indonesia Creative Digital Architecture and Interior Design untuk menunjang kreativitas penggunaan teknologi digital dalam bidang arsitektur dan desain interior, khususnya bagi mereka yang baru masuk ke industri ekonomi kreatif," ujar Wawan Rusiawan, Direktur Riset dan Pengembangan Bekraf. 

Event ini dikemas dalam bentuk masterclass teknologi digital untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang arsitektur dan desain interior dalam parametric and algorithm based design, dan digital representation. 

Algorithm and parametric based design pada dasarnya merupakan metode desain berbasis pendefinisian aturan dan parameter geometris yang dapat digunakan untuk menghasilkan desain ragam bentuk yang dapat diaplikasikan dalam arsitektur, dan desain interior. Sedangkan digital representation secara khusus menyajikan bagaimana mengemas portofolio desain arsitektur dan desain interior yang menarik.

Saat ini arsitektur dan desain interior tidak hanya diartikan sebatas bagian dari fungsi dan bentuk bangunan, tetapi juga seni yang memiliki estetika.

Berdasarkan OPUS 2019, PDB dari arsitektur mencapai lebih dari Rp21 miliar pada 2016, dan Rp1,4 miliar untuk desain interior, dan angka tersebut terus meningkat melihat minat masyarakat yang semakin mengapresiasi keindahan ruang.

Event ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih terhadap PDB subsektor arsitektur dan desain interior terhadap PDB nasional melalui peningkatan kapasitas SDM. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menghidupkan creative value chain dalam ekonomi kreatif, khususnya subsektor arsitektur dan desain interior.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0