Bukan TraceTogether, PeduliLindungi Jadi Aplikasi yang Melacak Pasien COVID-19 :: Nusantaratv.com

Bukan TraceTogether, PeduliLindungi Jadi Aplikasi yang Melacak Pasien COVID-19

Aplikasi Ini Bantu Masyarakat Saling Menjaga dan Melindungi Agar Penularan COVID-19 Bisa Dihentikan.
Bukan TraceTogether, PeduliLindungi Jadi Aplikasi yang Melacak Pasien COVID-19
Menkominfo Johnny G. Plate. (Dok. Humas Kominfo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) saat ini sedang mengembangkan aplikasi untuk tracing (penelusuran), tracking (pelacakan) dan fencing (pembatasan ruang gerak), demi menanggulangi serta mencegah pandemi COVID-19 di Indonesia yang makin masif.

Aplikasi tersebut membantu masyarakat saling menjaga dan melindungi agar penularan COVID-19 bisa dihentikan. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan tidak hanya bagi pasien positif ODP (orang dalam pengawasan), PDP (pasien dalam pengawasan), dan suspect saja, tapi juga bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat melalui smartphone.

Baca Juga: Sinergi Lembaga Penyiaran, Dukung Upaya Pemerintah Lawan Virus Corona

Johnny Gerard Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), mengatakan saat ini aplikasi masih dalam masa uji coba serta stressing test. Dijelaskannya, aplikasi ini untuk sementara waktu diberi nama 'PeduliLindungi'.

"Dikenal dengan nama sementara 'PeduliLindungi', (aplikasi) ini masih akan dimintakan persetujuannya kepada Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kami berharap Beliau yang akan memberikan nama resminya nanti," ujar Johnny dalam keterangan resminya, pada Jumat (27/3/2020) malam.

Johnny menambahkan saat ini dashboard surveillance berbasis web page dan aplikasi tracing maupun tracking-nya yang digunakan oleh pemerintah sudah siap digunakan.

"Aplikasi yang diperuntukan bagi masyarakat ini diharapkan secara aktif di-download melalui Playstore atau Appstore setelah diluncurkan minggu depan," cetus Johnny.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0