CbDiag, Alat Pendeteksi Aki Kendaraan Inovasi Mahasiswa ITB :: Nusantaratv.com

CbDiag, Alat Pendeteksi Aki Kendaraan Inovasi Mahasiswa ITB

Alat CbDiag inovasi mahasiswa ITB ini dibuat karena banyak pengendara mobil saat ini cuma bisa tahu kondisi akinya kalau dibawa ke bengkel.
CbDiag, Alat Pendeteksi Aki Kendaraan Inovasi Mahasiswa ITB
CbDiag merupakan alat pendeteksi aki kendaraan inovasi mahasiswa ITB. (Dok. Pribadi)

Bandung, Nusantaratv.com - Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan CbDiag. Alat yang bisa mendeteksi kondisi accu (aki) kendaraan.

Alat ini merupakan inovasi dari Bondan Ari Rahmawan (13214104), Charlie Tahar (13215079), dan M. Salman Galileo (13215003). "Alat ini dibuat karena banyak pengendara mobil saat ini cuma bisa tahu kondisi akinya kalau dibawa ke bengkel," ujar Charlie, dilansir laman ITB, Kamis (5/9/2019).

Baca: Ini Nimby, Robot yang Bisa Melompat dengan Lincah Karya Mahasiswa ITB

Menurutnya, saat ini terdapat alat yang mampu menguji kemampuan arus dari aki mobil, namun hal tersebut sangatlah berbahaya.

"Alat tersebut berbahaya karena menarik arus tinggi dan akan membuat aki yang hampir rusak menjadi rusak berdasarkan pengalaman tim kami. Selain itu, penggunaan alat tersebut juga tidak mudah," lanjutnya.

Pada alat ini, terdapat tiga jenis indikator kondisi aki, yaitu baik, hati-hati, dan buruk. Jika alat mengindikasikan baik, maka aki masih bisa dipakai menyalakan mobil untuk waktu yang cukup lama. 

Indikasi hati-hati memberikan pesan kepada pengendara untuk merencanakan penggantian aki dalam waktu dekat. Apabila aki terindikasi buruk, maka pengguna harus segera mengganti aki, karena kemungkinan aki soak sangat tinggi ketika sudah terindikasi buruk.

Baca: Desain Pesawat untuk Misi Evakuasi, Mahasiswa ITB Jawara Lomba UAV Aerofest 2019

Charlie menyebut dirinya dan kolega mempertimbangkan alat ini bersifat portable dan aman bagi pengguna. "Akhirnya, diputuskan bahwa metode ini yang digunakan," jelasnya.

Ke depan, diharapkan alat ini bisa digunakan dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Selain itu, mereka juga memiliki rencana pengembangan CbDiag, yakni kemampuan prediksi waktu soak aki, yang tentunya akan sangat membantu para pengguna kendaraan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0