Data 80.000 Civitas Akademika Universitas Osaka Dibocorkan Hacker :: Nusantaratv.com

Data 80.000 Civitas Akademika Universitas Osaka Dibocorkan Hacker

Sistem Komputer Di Universitas Osaka, Jepang, Telah Diretas. Akibatnya, Diduga 80.000 Data Orang Yang Ada Di Sistem Tersebut Telah Bocor
Data 80.000 Civitas Akademika Universitas Osaka Dibocorkan Hacker
Foto: Dok. Website resmi Universitas Osaka

Jakarta, Nusantaratv.com - Sistem komputer di Universitas Osaka, Jepang, telah diretas. Akibatnya, diduga 80.000 data orang yang ada di sistem tersebut telah bocor. 

Dilansir dari Japan Today, Kamis (14/12/2017), laporan peretasan tersebut terjadi pada Rabu (13/12). Sebanyak 80.000 ribu data orang yang diduga bocor terdiri dari data mahasiswa, alumni, staf, mantan pegawai dan orang lainnya. 

Sekitar 69.000 data orang seperti nomor identifikasi, nama, alamat email, diduga telah dicuri. Sementara 11.000 data orang lainnya termasuk email personel sekolah telah diakses dengan tidak sah. 

Pihak universitas menyebut kejadian peretasan tersebut telah terjadi antara kurun Mei dan Juli. Dengan menggunakan ID dan password milik seorang dosen, sistem komputer universitas diakses secara tidak sah berkali-kali dari luar negeri. 

Catatan gaji pegawai juga termasuk data yang dicuri. Universitas telah menyampaikan permintaan maaf terkait insiden ini. 

"Kami sangat meminta maaf karena menyebabkan masalah besar," kata seorang wakil Universitas, Yoshihiro Kizawa.

Universitas Osaka kemudian mengambil tindakan dengan mengganti kata sandi sistem komputernya. Data yang disebut tak 'diganggu' hacker salah satunya adalah data pasien dari RS Universitas Osaka. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0