Durian Bisa Jadi Kunci untuk Fast Charge Perangkat :: Nusantaratv.com

Durian Bisa Jadi Kunci untuk Fast Charge Perangkat

Durian Bisa Menjadi Kunci untuk Teknologi Fast Charge Pada Perangkat Elektronik Bahkan Mobil Listrik.
Durian Bisa Jadi Kunci untuk Fast Charge Perangkat
Buah durian. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Siapa yang tak kenal dengan buah durian. Sebagian orang mungkin beranggapa jika si raja buah itu menjijikan bahkan seperti bau mayat busuk. Sedangkan bagi sebagian yang lainnya beranggapan jika buah itu sangat sedap untuk dinikmati.

Terlepas dari apakah suka atau tidak suka dengan buah itu, peneliti rupanya menemukan manfaat lain dari buah durian. Buah ini bisa menjadi kunci untuk teknologi fast charge pada perangkat elektronik bahkan mobil listrik. Hal ini karena desain durian dan nangka.

Dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (29/2/2020), para peneliti dari the University of Sydney's School of Chemical & Biomolecular Engineering, Australia, menemukan jika dengan mengolah sampah bio durian, mereka bisa mengubahnya menjadi super kapasitor yang memiliki kemampuan menyimpan energi dalam jumlah besar.

Baca Juga: Hujan Bisa Menjadi Sumber Energi Terbarukan Berikutnya

"Ketepatan struktural dari biomassa alami dengan pori-pori hierarkisnya, yang dikembangkan selama jutaan tahun evolusi biologis, memberikan sumber daya yang luar biasa sebagai template untuk sintesis materi berbasis karbon," kata para peneliti. 

"Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, konduktivitas dalam pesawat, dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi," lanjut para peneliti.

Dimana ide jika alam dapat memberikan solusi bagi teknologi modern bukanlah hal baru. Bahkan dalam penelitian sederhana yang diajarkan di sekolah, kentang bisa digunakan sebagai baterai. Jadi memanfaatkan durian menjadi teknologi untuk fast charge tentu saja bukan sesuatu yang mengejutkan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
2