Facebook Tak Akan Luncurkan Mata Uang Libra Hingga Regulasi Tuntas :: Nusantaratv.com

Facebook Tak Akan Luncurkan Mata Uang Libra Hingga Regulasi Tuntas

Facebook Inc tidak akan melanjutkan peluncuran mata uang kripto libra
Facebook Tak Akan Luncurkan Mata Uang Libra Hingga Regulasi Tuntas
Facebook tunggu regulasi soal mata uang kripto libra. (Tecnogar)

Jakarta, Nusantaratv.com - Facebook Inc mengatakan pada Senin (15/7/2019) bahwa pihaknya tidak akan melanjutkan peluncuran mata uang kripto libra hingga persetujuan regulator telah sepenuhnya tuntas.

Hal itu dikatakan pejabat tinggi Facebook David Marcus, yang menegaskan regulator harus memiliki suara untuk Libra sebelum peluncurannya.

"Kami tahu kami perlu meluangkan waktu untuk memperbaiki ini. Dan saya ingin menjadi jelas bahwa Facebook tidak akan menawarkan mata uang digital Libra sampai kami sepenuhnya mengatasi masalah regulasi dan menerima persetujuan yang sesuai," ujar Marcus, dilansir dari Digitaltrends, Selasa (16/7/2019).

Rencana Facebook untuk meluncurkan mata uang sendiri mendapatkan dukungan penuh dari para raksasa industri keuangan, termasuk PayPal, Visa, dan Mastercard.

Namun, anggota parlemen di seluruh dunia telah menyatakan skeptis tentang kemampuan perusahaan media sosial untuk menjalankan dan mengatur mata uang yang akan ada di luar pemerintah federal. 

Baik DPR maupun Senat Amerika Serikat (AS) akan mengadakan dengar pendapat tentang Libra pada pekan  ini. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sempat mencuit terkait hal ini.

"Akan ada ketergantungan. Facebook perlu mencari piagam perbankan jika ingin meluncurkan Libra di AS," tulis Trump di akun Twiiter pribadinya.  

Sebelumnya, Komite Jasa Keuangan AS atau House Financial Services Committee tengah membahas rancangan undang-undang (RUU) untuk mencegah perusahaan teknologi raksasa memiliki fungsi sebagai lembaga keuangan atau mengedarkan mata uang kripto.

Berdasarkan salinan RUU, tertulis usulan agar perusahaan teknologi raksasa yang berfungsi menjadi lembaga keuangan dikenakan denda US$1 juta per hari.

RUU tersebut menggambarkan bahwa terdapat sebuah perusahaan teknologi besar yang menawarkan layanan platform online dengan pendapatan tahunan setidaknya US$25 miliar.

Pada bulan lalu, pihak Facebook menyampaikan akan meluncurkan mata uang kripto globalnya pada 2020. Digadang-gadang akan menjadi pesaing dari mata uang kripto eksisting, bitcoin, Libra dinilai akan turut membawa pengaruh bagi keuangan global.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0