Google Ajukan Izin Agar Terus Berbisnis Dengan Huawei :: Nusantaratv.com

Google Ajukan Izin Agar Terus Berbisnis Dengan Huawei

Hingga Saat Ini Belum Ada Informasi Apakah Google Akan Memperoleh Pengecualian untuk Berbisnis Dengan Huawei.
Google Ajukan Izin Agar Terus Berbisnis Dengan Huawei
Ilustrasi Google. (Digital Trends)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google dikabarkan mengajukan permohonan pembebasan dengan pemerintah Amerika Serikat (AS). Hal itu memungkinkan Huawei memperoleh lisensi kembali untuk menggunakan Google Mobile Services (GMS).

Huawei masuk ke dalam daftar entity list Negara Paman Sam itu sejak Mei 2019. Kondisi tersebut membuat perusahaan tidak bisa berbisnis dengan perusahaan AS serta menggunakan teknologi AS, termasuk GMS.

Kecuali pemerintah AS memberikan pengecualian secara khusus. Dan Microsoft adalah salah satu perusahaan yang diberi pengecualian dan bisa bekerja dengan Huawei.

Baca Juga: Huawei Sebut Pasokan 5G Tidak Terdampak Virus Corona

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (27/2/2020), jika Google diberikan pengecualian serupa, Huawei bisa langsung meng-update perangkat terbaru mereka dengan GMS. Jadi aplikasi dan layanan seperti Play Store, Maps, Photos, YouTube dan Gmail, bisa berjalan di smartphone Android Huawei.

Saat ini Huawei menggunakan Huawei Mobile Services (HMS), yakni layanan seluler besutan perusahaan itu sendiri. Tapi HMS masih terbatas dan bukan pengganti GMS yang maksimal.

Beberapa pengguna produk Huawei terpaksa mengesampingkan GMS di perangkatnya. Tapi mereka bisa menginstal GMS dengan cara mengunduh APK (sideloading). Namun Google memperingatkan jika perilaku seperti ini membuka pintu untuk peretas.

Selain juga tidak ada kepastian jika APK Google yang diinstal bersih dari virus yang bisa membajak perangkat pengguna. Dan hingga saat ini belum ada informasi apakah Google akan memperoleh pengecualian itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0