Google Gelar Summer Course Tingkat Asia Tenggara di UI :: Nusantaratv.com

Google Gelar Summer Course Tingkat Asia Tenggara di UI

Sebagai upaya pengembangan SDM di ranah industri 4.0
Google Gelar Summer Course Tingkat Asia Tenggara di UI
Google gelar Summer Course di UI. (Dok. Humas UI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Event South East Asia Machine Learning School (SEA MLS 2019) resmi dibuka pada Senin (8/7/2019), di Aula Dr. Indro Suwardi, Gedung Baru Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat (Jabar). 

Witttawat Jitkrittum, Organizing Committee of SEA MLS 2019, mengatakan Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan teknologi yang cukup tinggi.

Untuk itu, South East Asia Machine Learning School diadakan sebagai salah satu upaya untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di ranah industri 4.0 saat ini, dan menjadi salah satu pionir di kawasan Asia Tenggara. 

Event yang berlangsung selama lima hari yakni 8 hingga 12 Juli 2019 itu sekaligus menjadi ajang bertukar pikiran serta mewadahi mahasiswa, peneliti, masyarakat umum, dan lainnya untuk memperkuat Machine Learning Community di kawasan Asia Tenggara, dan sekitar 200 model aplikasi akan didemonstrasikan oleh peserta dalam rangkaian acara SEA MLS 2019.

Sedangkan William Florence, Industry Representatif perwakilan dari Google sebagai sponsor utama event, berharap dari acara ini akan lahir ahli-ahli yang mumpuni dalam bidang teknologi, dan tentunya akan mengangkat negara-negara berkembang seperti Indonesia dan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Seiring dengan kebutuhan Artificial Intelligence (AI) yang akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan industri global yang terus meningkat, serta kompleksitas yang semakin tinggi, dengan adanya SEA MLS 2019 ini semakin banyak kontribusi lebih dari sivitas akademika maupun masyarakat umum dalam pengembangan teknologi untuk industri dan bidang lainnya. 

Tentunya hal ini dapat meningkatkan kapabilitas suatu negara untuk mempermudah kebutuhan manusia itu sendiri. Peluang dalam revolusi teknologi akan semakin meningkat, dan tentunya dapat memperluas kebutuhan dalam pemenuhan SDM yang ahli di bidangnya. 

Sementara itu, Mirna Adriana, Dekan Fasilkom UI, mengungkapkan event ini berkolaborasi dengan beberapa perusahaan pengembang teknologi, salah satunya Google. 

"SEA MLS akan diadakan secara tahunan oleh Fasilkom UI untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap teknologi di kawasan Asia Tenggara (Perlu diketahui acara SEA MLS adalah semacam summer course)," ujar Mirna, dilansir situs resmi UI, Rabu (10/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Umum Informasi Aplikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menerangkan beberapa hal terkait Indonesia yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan penggunaan teknologi dan memfasilitasi seluruh wilayah Indonesia dengan jaringan teknologi (terutama internet) dengan lebih baik.

Untuk itu, inovasi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan adanya acara SEA LMS 2019 ini diharapkan inovasi tersebut mampu tercapai dengan SDM yang mumpuni.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0