Google Station, Wi-Fi Gratis di Indonesia yang Akan Disetop Akhir Tahun 2020 :: Nusantaratv.com

Google Station, Wi-Fi Gratis di Indonesia yang Akan Disetop Akhir Tahun 2020

Program Google Station di Indonesia Telah Berjalan Sejak 2017.
Google Station, Wi-Fi Gratis di Indonesia yang Akan Disetop Akhir Tahun 2020
Google Station. (The South African)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google pada Senin (17/2/2020) mengumumkan menghentikan program Google Stations di India. Sebuah program yang meluncurkan Wi-Fi gratis di lebih dari 400 stasiun kereta api di India serta ribuan tempat umum lainnya di seluruh dunia.

Program yang diluncurkan pada 2015 ini telah membantu jutaan pengguna menjelajahi internet, dan tidak merasa khawatir dengan jumlah data yang mereka konsumsi. Selain di India, penyetopan program ini ternyata juga akan berlaku di Indonesia akhir tahun 2020.

Di Tanah Air, program ini telah berjalan sejak 2017. Ketika diluncurkan, Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan Wi-Fi gratis tersebut. Google menggandeng rekanan lokal, yakni CBN dan FiberStar, sebagai perusahaan penyedia akses internet.

Baca Juga: Google Diminta Ungkap Identitas Penulis Ulasan Negatif 

Google mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai Wi-Fi.

Terkait penyetopan program ini disampaikan Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia. Dia menyebut Google Station di Indonesia akan dihentikan pada akhir 2020.

"Masih ada beberapa bulan lagi. (Akan berhenti) akhir tahun ini," ujar Jason di Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/2/2020). 

Alasan penyetopan program ini, ungkap Jason, akibat perubahan teknologi. Belum lagi dengan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia. 

"Contohnya di India, semenjak Google Stations dibuat pada 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya nggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun," cetus Jason.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0