Grup Ransomware Janji Tidak Serang Rumah Sakit di Tengah Pandemi Virus Corona :: Nusantaratv.com

Grup Ransomware Janji Tidak Serang Rumah Sakit di Tengah Pandemi Virus Corona

Operator Ransomware Katakan Mereka Tidak Lagi Targetkan Rumah Sakit Selama Pandemi COVID-19.
Grup Ransomware Janji Tidak Serang Rumah Sakit di Tengah Pandemi Virus Corona
Ilustrasi. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Novel Coronavirus (COVID-19) kini telah menjadi pandemi global, mengganggu ekonomi global, kesehatan manusia, perlambatan bisnis secara global, serta memengaruhi kehidupan sehari-hari miliaran orang di seluruh dunia.

Namun, kondisi ini juga menciptakan lingkungan di mana hackers, penipu, dan pengirim spam mengambil keuntungan dari pengguna dari situasi yang rentan ini. Dengan semakin banyak orang bekerja dari rumah dengan jaringan keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan pengaturan di kantor, risiko diserang lebih banyak.

Dilansir dari Gizmochina, Selasa (24/3/2020), serangan Ransomware, yang biasanya dimulai melalui phishing, dapat menyebabkan kekacauan bagi rumah sakit karena penyerang menggunakan enkripsi untuk memblokir akses ke file mereka sendiri dan kemudian menuntut pembayaran mata uang digital untuk membuka kunci.

Baca Juga: Cincin Pintar Ini Bisa Digunakan untuk Deteksi Dini COVID-19 

Pekan lalu, Rumah Sakit Universitas Brno di Republik Ceko, yang juga merupakan pusat pengujian utama COVID-19, mengalami serangan Ransomware yang mengganggu operasi dan menyebabkan penundaan operasi. Pusat Keamanan Cyber Nasional Ceko dan penegak hukum Ceko masih belum sepenuhnya memulihkan layanan digital.

Sekarang, beberapa operator Ransomware mengatakan jika mereka tidak akan lagi menargetkan organisasi kesehatan dan medis selama pandemi virus corona (COVID-19). 

BleepingComputer menjangkau beberapa kelompok seperti itu di mana DoppelPaymer menanggapi dan menyatakan jika mereka biasanya tidak menargetkan rumah sakit atau panti jompo dan akan melanjutkan pendekatan ini selama pandemi.

Di sisi lain, para operator Labirin mengatakan jika mereka akan menghentikan kegiatan terhadap semua jenis organisasi medis sampai akhir pandemi. Netwalker Ransomware mengklaim mereka tidak memiliki tujuan untuk menyerang rumah sakit dan serta mengatakan tidak ada yang akan dengan sengaja masuk ke rumah sakit.

Di tengah semua ini, beberapa perusahaan keamanan komputer, termasuk Emsisoft dan McAfee, telah menawarkan untuk membantu perusahaan riset medis serta rumah sakit untuk memerangi serangan Ransomware selama wabah COVID-19.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0