Hasil Penelitian, Anak-anak Gampang Kecanduan Smartphone :: Nusantaratv.com

Hasil Penelitian, Anak-anak Gampang Kecanduan Smartphone

Kecanduan smartphone bisa memengaruhi psikologi dan kesehatan fisik anak-anak. Terburuk, bisa mengganggu kesuksesan akademik mereka di sekolah.
Hasil Penelitian, Anak-anak Gampang Kecanduan Smartphone
Anak-anak kecanduan smartphone. (Squlio Report)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perkembangan teknologi, terutama smartphone makin masif. Baik orang dewasa maupun remaja, bahkan anak-anak tak bisa lepas dari aktivitas bermain smartphone.

Bila seseorang tak bisa lepas dari smartphone bisa jadi ia tengah merasa kecanduan, atau seseorang yang addict. Tentu saja ini bisa berdampak buruk, terkhusus bagi anak-anak. 

Seperti dinukil tek.id, Minggu (8/9/2019), Profesor Jennifer Ihm dari Kwangwoon University, Korea Selatan, merilis hasil penelitian tentang kecanduan smartphone. 

Baca Juga: Hasil Penelitian, Puntung Rokok Hambat Korosi Bangunan Lepas Pantai

Diperoleh bahwa kecanduan bisa memengaruhi psikologi dan kesehatan fisik anak-anak. Terburuk, bisa mengganggu kesuksesan akademik mereka di sekolah. Profesor Jennifer melakukan penelitian terhadap 2000 anak-anak usia 12 tahun. 

Hasil penelitian ini juga mengonfirmasi dimana lebih dari 50 persen remaja kecanduan juga smartphone. Mereka juga memperhatikan kondisi ini. Dimana jawaban 84 persen remaja ini ternyata tidak bisa melakukan aktivitas sehari tanpa smartphone di tangan mereka.

Dampak dari kecanduan ini menyebabkan seseorang depresi, nyeri leher, gangguan tidur, dan perasaan kurang nyaman. Tanda-tanda kecanduan ini mereka selalu melihat smartphone mereka untuk alasan yang tidak penting. Kemudian ketika mereka dipisahkan dengan smartphone, maka menjadi gelisah.

Berdasarkan Jurnal Paediatrics Child Health, orang tua menjadi contoh terbesar bagi anak-anak mereka. Ketika orang tua tidak menyentuh smartphone sepanjang hari, maka akan menjadi contoh penting bagi anak-anak. Kalau perlu perketat aturan, tidak ada smartphone di atas meja makan.

Bagi anak-anak di bawah 5 tahun seharusnya hanya boleh menggunakan smartphone kurang dari satu jam. Sementara anak usia sekolah dan remaja, harusnya hanya boleh menggunakan smartphone mereka selama dua tahun.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0