Hujan Bisa Menjadi Sumber Energi Terbarukan Berikutnya :: Nusantaratv.com

Hujan Bisa Menjadi Sumber Energi Terbarukan Berikutnya

Peneliti Berupaya Mengembangkan Generator yang Menggunakan Struktur Field-Effect Transistor-Style.
Hujan Bisa Menjadi Sumber Energi Terbarukan Berikutnya
Ilustrasi air hujan. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kelak bahan bakar fosil akan habis. Inilah mengapa masyarakat dunia mulai mencari sumber energi alternatif dan terbarukan.

Beberapa sumber energi itu di antaranya adalah tenaga surya dari matahari, energi angin, dan air. Kini, peneliti dari the City University of Hong Kong (CityU) menemukan sumber potensial lainnya untuk energi terbarukan.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (10/2/2020), peneliti berupaya mengembangkan generator yang menggunakan struktur field-effect transistor-style. Generator ini disebutkan bisa menghasilkan listrik dari tetesan air, misalnya dari air hujan.

Baca Juga: Komisi VI Dorong EBT, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon: PLN Harus Jadi Pionir  

Bahkan, para peneliti menemukan jika cara ini sangat efektif karena satu tetesan air dikatakan bisa menghasilkan listrik 140V, cukup untuk memberi daya pada 100 bola lampu LED kecil.

Hal ini merupakan perkembangan besar karena percobaan sebelumnya hanya mampu menghasilkan lebih sedikit energi. Namun, agar alat ini bisa dimanfaatkan secara komersil, mungkin masih perlu banyak perbaikan dan uji coba.

Kendati hujan mungkin tidak selalu ada. Bahkan di beberapa tempat hujan mungkin merupakan sesuatu yang jarang terjadi. Namun hujan mungkin bisa digunakan sebagai sumber daya cadangan. Selama hujan, tetesan air digunakan untuk menghasilkan listrik dan disimpan untuk digunakan nanti.

Sehingga pada malam hari ketika tidak ada sinar matahari dan panel tata surya tidak bisa digunakan secara efektif, maka hujan bisa menjadi solusi alternatif.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1