Imbas Corona, Penjualan Smartphone Global Anjlok 14 Persen :: Nusantaratv.com

Imbas Corona, Penjualan Smartphone Global Anjlok 14 Persen

Wabah COVID-19 Memaksa Produsen Smartphone Tutup Toko Mereka di China Pada Februari 2020.
Imbas Corona, Penjualan Smartphone Global Anjlok 14 Persen
Ilustrasi smartphone. (Teqnoforia)

Jakarta, Nusantaratv.com - Penjualan smartphone secara global turun 14 persen pada Februari 2020 imbas virus corona (COVID-19), baik di China maupun di berbagai negara lainnya.

Berdasarkan riset dari Counterpoint Research, mereka memprakirakan penjualan smartphone akan turun lagi akibat sebaran virus corona makin meluas ke berbagai negara di dunia. 

Dilansir dari Reuters, Kamis (26/3/2020), penjualan smartphone di China anjlok 38 persen pada Februari 2020 dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Penjualan diprediksi membaik karena terdapat banyak toko smartphone yang mulai buka pada pertengahan Maret 2020 ini.

Baca Juga: Pakar Keamanan Siber Turun Tangan Perangi Peretas Terkait Virus Corona 

Diketahui, wabah COVID-19 memaksa produsen smartphone menutup toko mereka di China pada Februari lalu, Apple bahkan menjual kurang dari 500 ribu unit pada periode tersebut.

Ada tanda perbaikan penjualan di Korea Selatan, tetapi di negara-negara lai, masih menanti kemungkinan yang terburuk - kata Jean Park, Analis Senior Counterpoint.

Produsen smartphone di seluruh dunia menghadapi gangguan pada rantai pasokan akibat banyak negara yang memberlakukan perintah lockdown, atau karantina wilayah, untuk mengatasi penyebaran COVID-19. 

Foxconn, salah satu manufaktur Apple, pada Selasa (24/3/2020), mengatakan akan menangguhkan operasional di India sebagai upaya mengikuti aturan pemerintah setempat.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0