Indonesia dan Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kerjasama Riset :: Nusantaratv.com

Indonesia dan Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kerjasama Riset

Indonesia dan Amerika Serikat akan tingkatkan kerjasama riset
Indonesia dan Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kerjasama Riset
Indonesia dan Amerika Serikat akan tingkatkan kerjasama riset. (Dok. Humas IPB)

Bogor, Nusantaratv.com - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk meningkatkan kerjasama riset antar dua negara.

Hal itu terungkap dalam Workshop to Enhance Collaboration Between US & Indonesia in Biodiversity & Conservation Research.

Workshop ini diselenggarakan IPB (Institut Pertanian Bogor) University, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan The US National Science Foundation Grant, di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada 16-18 Juli 2019.

Dodik Nurrochmat, Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB University, mengatakan IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi yang aktif melakukan riset tentang keanekaragaman hayati dan sudah menjalin kerjasama riset dengan peneliti dari berbagai negara. 

"Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi yang sudah ada dan bisa meningkatkan kemampuan para ahli taksonomi serta kemajuan teknologi kita. Selain itu, kolaborasi ini juga bisa menjawab tantangan dari keanekaragaman hayati dan konservasi,” ujar Dodik, dilansir situs resmi IPB, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, banyak potensi riset biodiversitas di Indonesia yang dapat digali dan belum terungkap. Biodiversitas itu sangat luas mulai dari laut dalam hingga puncak gunung.

Dodik berharap lokakarya ini dapat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dapat berbagi dalam kemitraan penelitian internasional, yang akan memungkinkan para ilmuwan untuk berkolaborasi dan pada akhirnya mengarah pada penanganan yang lebih efektif terhadap berbagai masalah global.

Senada, Ocky Karnaradjasa, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti, mengungkapkan riset terkait biodiversity sudah menjadi prioritas bagi Kemenristekdikti.

Selama lima tahun terakhir, ungkap Ocky, kerjasama riset dengan peneliti dari Amerika Serikat merupakan kerjasama yang paling sering dilakukan.

"Diharapkan kerjasama ini tidak hanya terkait riset akan tetapi juga akan ada mobilisasi antara peneliti Indonesia dan Amerika. Selain itu, kerjasama ini juga untuk penguatan dalam rangka meningkatkan pendidikan di Indonesia," cetus Ocky.

Sementara itu, Heater Variava, Wakil Duta Besar Amerika untuk Indonesia, menyampaikan Kedutaan Besar Amerika dan pemerintah Amerika sangat bangga dapat bermitra dengan Kemenristekdikti dan perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0