Intel Perkenalkan Thunderbolt 4, Kecepatan Diklaim Capai 40Gbps :: Nusantaratv.com

Intel Perkenalkan Thunderbolt 4, Kecepatan Diklaim Capai 40Gbps

Intel Mengklaim Thunderbolt 4 Memiliki Kemampuan Empat Kali Lebih Cepat Dibandingkan USB 3.1 (10Gbps).
Intel Perkenalkan Thunderbolt 4, Kecepatan Diklaim Capai 40Gbps
Intel perkenalkan Thunderbolt 4. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Selain prosesor mobile lini Tiger Lake, Intel juga mengumumkan lini CPU baru dengan dukungan konektor eksternal teranyar, yakni Thunderbolt 4.

Intel memperkenalkan Thunderbolt 4 dia ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS), pekan ini.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (9/1/2020), Intel mengklaim Thunderbolt 4 memiliki kemampuan empat kali lebih cepat dibandingkan USB 3.1 (10Gbps). Kecepatan ini disebutkan bisa mencapai hingga 40Gbps.

Baca Juga: Paten Apple Picu Rumor Sensor Sidik Jari Dalam Layar iPhone

Standar Thunderbolt baru ini juga menggunakan USB-C. Namun masih belum jelas, apakah basis yang digunakan Thunderbolt 4 ini, adalah PCIe 4.0. PCIe 3.0 seperti Thunderbolt 3 atau 4. Intel sendiri akan mengumumkan spesifikasi secara lebih detail di kemudian hari.

Patut menjadi perhatian, USB 4 masih berbasis Thunderbolt 3 dengan kecepatan yang sama. Selain itu, USB 4 juga bebas royalti, sehingga kemungkinan pengadopsian standar ini akan lebih luas jika dibandingkan Thunderbolt, yang sebagian besar ditemukan di komputer Apple.

Bagaimanapun, chipset Tiger Lake akan diproduksi dengan menggunakan proses 10nm +, dan komputer pertama yang mendukung chipset ini akan dikirimkan pada akhir 2020. Disisi lain, arsitektur grafis Xe juga akan digunakan untuk GPU diskrit, yang saat ini dikenal sebagai DG1.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0