Jepang Bakal Atur Batasan Penggunaan Smartphone dan Bermain Game :: Nusantaratv.com

Jepang Bakal Atur Batasan Penggunaan Smartphone dan Bermain Game

Batasan yang Ditetapkan untuk Penggunaan Smartphone dan Bermain Game Adalah 60 Menit Selama Hari Kerja dan 90 Menit Pada Akhir Pekan Serta Hari Libur.
Jepang Bakal Atur Batasan Penggunaan Smartphone dan Bermain Game
Ilustrasi. (Wccftech)

Jakarta, Nusantaratv.com - Di era modern saat ini, tingkat adiktif penggunaan smartphone baik untuk bermedia sosial dan bermain game sangat mengkhawatirkan. Kondisi ini bahkan terjadi pada semua golongan usia.

Dilansir dari Wccftech, Rabu (15/1/2020), beberapa negara bahkan sudah mengeluarkan sejumlah regulasi untuk mengurangi hal tersebut. Misalnya China. Negeri Tirai Bambu itu telah menerapkan batas 90 menit penggunaan smartphone per hari pada hari kerja dan tiga jam pada akhir pekan serta hari libur. 

Selain itu, larangan bermain game sepenuhnya antara jam 22:00 dan 08:00 waktu setempat. Semua ditujukan untuk mengekang kebiasaan bermain game dari mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Selain China, Jepang juga dikabarkan akan segera meluncurkan peraturan yang memiliki maksud yang sama. Wilayah yang akan memulai peraturan ini adalah prefektur Kagawa, yang berupaya membatasi waktu yang dihabiskan untuk smartphone dan game bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun. 

Baca Juga: Waspada! Ditemukan Spyware Baru di Android yang Bisa Intip Pesan Pribadi

Batasan yang ditetapkan adalah 60 menit selama hari kerja dan 90 menit pada akhir pekan serta hari libur. Sama halnya dengan China, pemerintah prefektur Kagawa juga mengharuskan orang untuk mematikan perangkat pada pukul 22:00.

Kendati demikian, tidak ada hukuman bagi mereka yang melanggar aturan-aturan ini. Pada awalnya, ini membuat mereka tampak tidak berguna dan hanya menjadi pedoman saja bagi orang tua dan wali, yang dapat dengan mudah diabaikan.

Namun, ini menjadi langkah pertama, dan mereka berharap peraturan ini akan dijadikan sebuah peraturan yang diterapkan secara nasional. Draf peraturan yang sudah diajukan pada 10 Januari 2020 ini, akan diputuskan pada bulan depan. Jika peraturan ini disahkan, rencana batas ini mulai berlaku pada awal tahun ajaran pada April nanti.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0